logo rilis
Perbatasan Rafah (Gaza-Mesir) Dibuka Selama Tiga Hari
Kontributor
Syahrain F.
12 April 2018, 08:44 WIB
Perbatasan Rafah (Gaza-Mesir) Dibuka Selama Tiga Hari
Perempuan penduduk Gaza menunggu diberikan izin untuk memasuki Mesir, 14 Juni 2016. FOTO: Reuters/Ibraheem Abu Mustafa

RILIS.ID, Gaza— Mesir dilaporkan akan membuka gerbang perbatasan Rafah selama tiga hari mulai dari hari ini (13/4/2018). Rafah merupakan satu-satunya pintu yang menghubungkan Gaza--yang berada di bawah blokade Israel--ke dunia luar.

Keputusan pembukaan sementara gerbang perbatasan Rafah itu diumumkan oleh Kedutaan Besar Palestina di Kairo.

“Pihak berwenang Mesir memutuskan untuk membuka dua jalur gerbang perbatasan Rafah selama tiga hari mulai besok," tulis pernyataan Kedutaan Besar Palestina di Kairo.

Israel mengendalikan enam dari tujuh gerbang perbatasan yang digunakan untuk aktivitas keluar masuk Gaza, sementara satu lainnya, gerbang perbatasan Rafah berada di bawah kendali Mesir.

Israel menutup empat gerbang perbatasan komersial dari enam gerbang perbatasan yang berada di bawah kendalinya setelah Hamas berhasil memenangkan pemilu pada Juni 2007. 

Dua gerbang perbatasan lainnya, Erez, digunakan untuk aktivitas keluar masuk pemegang paspor asing, pasien, dan pengusaha ke Tepi Barat, sementara gerbang perbatasan Karm Abu Salem digunakan untuk keluar masuk beberapa produk komersial.

Gerbang perbatasan Karm Abu Salem dan Erez kerap ditutup dengan berbagai sebab.

Sementara itu, Pemerintah Mesir hampir sepenuhnya menutup gerbang perbatasan Rafah setelah kudeta militer pada tahun 2013.

Sumber: Anadolu Agency


500
komentar (0)