logo rilis
Penyidik Senior KPK Jadi Saksi di Sidang Dokter Bimanesh
Kontributor
Tari Oktaviani
25 Mei 2018, 14:53 WIB
Penyidik Senior KPK Jadi Saksi di Sidang Dokter Bimanesh
Sidang pembacaan dakwaan terhadap dokter Bimanesh Sutardjo di pengadilan tindak pidana korupsi, Jakarta, Kamis (8/3/2018). FOTO: RILIS.ID/Tari Oktaviani

RILIS.ID, Jakarta— Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ambarita Damanik dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (25/5). Sedianya ia akan membeberkan bagaimana proses penanganan perkara dokter Bimanesh Sutardjo.

"Saya salah satu penyidik yang menangani tersangka Setya Novanto. Saya salah satu yang dituakan di dalam tim penyidik," ujar Ambarita Damanik di pengadilan tindak pidana korupsi, Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Jaksa sengaja menghadirkan Ambarita Damanik sebab ia merupakan salah satu penyidik yang ikut menggeledah kediaman Setya Novanto di Kebayoran, Jakarta Selatan, pada 15 November 2017. Bahkan, Ambarita juga ikut saat Setya Novanto dirawat di Rumah Sakit Medika Permata Hijau. 

"Menghadirkan Ambarita sebagai saksi fakta yang diduga mengetahui upaya menghalangi penyidikan yang diduga dilakukan dokter Bimanesh bersama pengacara Novanto, Fredrich Yunadi," kata Jaksa M Taqdir.

Dalam kasus ini, Dokter Bimanesh Sutarjo didakwa telah melakukan rekayasa agar Setya Novanto dirawat di Rumah Sakit Medika Permata Hijau. Hal itu dalam rangka menghindari pemeriksaan oleh penyidik KPK.

Menurut jaksa, Bimanesh dan pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, diduga sengaja membuat skenario agar Novanto didiagnosa mengalami luka akibat kecelakaan dan tidak bisa penuhi panggilan KPK. Namun belakangan terbongkar bahwa hal itu hanya skenario belaka.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)