logo rilis
Penyelidik: Pesawat MH17 Ditembak Rudal Milik Rusia
Kontributor
Syahrain F.
25 Mei 2018, 14:35 WIB
Penyelidik: Pesawat MH17 Ditembak Rudal Milik Rusia
Kerabat para korban yang tewas dalam kecelakaan penerbangan Malaysia Airlines MH17 melakukan aksi dengan membuat pesawat kertas bernada kecaman terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin, di depan Kedutaan Belanda di Moskow pada 17 Juli 2015. Credit: Anadolu Agency/Nikita Shvetsov

RILIS.ID, — Sebuah tim investigasi internasional menyatakan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 yang jatuh di Ukraina pada tahun 2014 dijatuhkan dengan rudal milik militer Rusia.

Tim Investigasi Gabungan (JIT) dalam sebuah konferensi pers di Den Haag menyatakan, rudal tersebut berasal dari Brigade ke-53 unit militer Rusia di Kursk.

JIT menemukan kemiripan dalam rudal yang digunakan untuk menjatuhkan pesawat MH17 dan sebuah rudal Buk buatan Rusia yang dibawa dari Kursk ke Ukraina empat pekan sebelum kejadian, melansir Anadolu Agency.

Mengenai siapa yang menembakkan rudal tersebut, JIT menyatakan akan mengumumkan hal itu setelah investigasi selesai.

Tim investigasi juga meminta saksi mata untuk membantu pengumpulan informasi.

Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 yang terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur dengan 283 penumpang dan 15 awak pesawat ditembak jatuh sekitar 40 kilometer dari perbatasan antara Ukraina-Rusia pada 17 Juli 2014.

Seluruh penumpang dan awak pesawat meninggal dunia dalam insiden tersebut.


500
komentar (0)