Home » Peristiwa » Dunia

Penuhi Panggilan, Dubes AS Susul Menlu Retno ke Tangsel

print this page Kamis, 7/12/2017 | 22:41

Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan memberi keterangan pers soal status Yerusalem di Serpong, Tanggerang Selatan, Banten, Kamis (7/12/2017). FOTO: RILIS.ID/Syahrain F

RILIS.ID, Tangerang Selatan— Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan memenuhi panggilan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi ke konferensi internasional Bali Democracy Forum 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (7/12/2017). 

Donovan, yang tidak diagendakan menghadiri acara ini langsung melakukan pertemuan tertutup selama kurang lebih 15 menit dengan Menlu Retno.

"Baru saja bertemu Menlu Retno untuk mendapatkan reaksi resmi pemerintah Indonesia mengenai kebijakan AS di Yerusalem," tutur Donovan.

Dalam pertemuan itu, Menteri Retno menyampaikan kembali sikap politik Indonesia yang menentang keras keputusan Trump.

Menteri Retno menilai, Trump telah mengabaikan peringatan dunia internasional untuk mempertimbangkan pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem dan serta pengakuannya atas Kota Suci tersebut.

"Menlu mendesak pemerintah AS untuk membatalkan rencana mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel," ungkap Donovan.

"Hari ini meminta Dubes AS untuk menemui saya hari ini juga. Oleh karena itu, kedatangan Dubes AS adalah untuk memenuhi permintaan saya. Kita sudah menyampaikan pesan yang sangat keras untuk membatalkan me-reconsider, karena apabila hal tersebut dilakukan maka akan membahayakan proses perdamaian dan perdamaian itu sendiri," kata Retno dalam keterangan persnya.

Penulis Syahrain F
Editor Eroby JF

Tags:

YerusalemRetno MarsudiJoseph DonovanPalestinaIsrael