logo rilis
Pengumuman Sanksi untuk Aris Budiman Ditunda, Ini Alasannya
Kontributor
Tari Oktaviani
21 April 2018, 11:30 WIB
Pengumuman Sanksi untuk Aris Budiman Ditunda, Ini Alasannya
Agus Rahardjo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berujar karena adanya permintaan dari Deputi Penindakan yang baru Brigjen Pol Firli, akhirnya pengumuman sanksi kepada Direktur Penyidikan Brigjen Pol Aris Budiman ditunda. Lagipula, jika pun diberi sanksi maka belum ada yang menggantikan Aris mengingat proses seleksi posisinya diulang.

"Isu mengenai dirdik putusan dari PI (Pengawas Internal) sudah sebetlumnya segera akan kita umumkan tapi karena Pak Firli masih baru pak tolong beri kesempatan untuk adaptasi sementara Firli adaptasi kita juga melakukan rekrutmen dirdik gagal dan segera akan kita ulangi lagi," katanya, Jakarta, Jumat malam (20/4/2018).

Agus mengatakan, saat ini KPK hanya menunggu waktu untuk mengumumkan sanksi Aris Budiman. Namun saat disinggung apa hasil pemeriksan PI dan sanksi yang akan diberikan, Agus masih belum mau membukanya.

"Internal kita kalau mau diumumkan ya diumumkan saja karena secara periodik mereka bekerja untuk selalu mengingatkan kemudian kalau sudah diingatkan diberi sanksi dilakukan. Langkah-langkah seperti itu tidak lama lagi kita umumkan kemungkinan pelanggaran-pelanggaran itu bisa semua," paparnya.

Sebelumnya, Aris dinilai oleh Direktur Pengawas Internal KPK telah melakukan pelanggaran etik. Hal ini terkait tindakan Aris yang datang ke rapat Pansus Hak Angket DPR untuk KPK tanpa meminta izin pimpinan.

Tak hanya Aris, KPK juga akan mengumumkan sanksi terhadap penyidiknya Novel Baswedan. Adapun sanksi ini karena bocornya surat elektronik (Surel) protes Novel terhadap Direktur Penyidikan Aris Budiman ke eksternal KPK yang terjadi beberapa waktu lalu.

Editor: Elvi R


500
komentar (0)