Home » Peristiwa » Nasional

Pengamat Sebut Wacana Aklamasi Untungkan Airlangga Hartarto

print this page Kamis, 7/12/2017 | 11:25

Caketum Golkar Airlangga Hartarto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Direktur eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, wacana aklamasi yang muncul sebelum pelaksanaan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) menguntungkan Airlangga Hartarto.

"Betul. Ini salah satu strategi agar Airlangga menang dan mulus menjadi Golkar 1," kata Ujang kepada rilis.id, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Airlangga Hartarto yang merupakan Menteri Perindustrian digadang-gadang bakal mengambil-alih posisi Ketua Umum Golkar. Dia juga mengklaim telah mendapat restu dai Presiden Joko Widodo.

Sejauh ini, ada beberapa nama yang muncul bakal meramaikan bursa pencalonan Ketum Golkar. Selain nama Airlangga ada pula nama Sekjen Golkar yang saat ini menjabat Pelaksana tugas (Plt) Golkar, Idrus Marham.

Dosen politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini menambahkan, jika muncul dua calon dalam Munaslub bisa saja berakhir dengan negosiasi power sharing. Dengan begitu, semua kepentingan terakomodasi dalam skenario aklamasi.

"Dengan dua calon yang ada antara Airlangga dan Idrus Marham bisa saja akan jadi pertarungan sengit. Namun bisa juga terjadi negosiasi yang ujungnya terjadi power sharing," tukasnya.

Sebelumnya, pengurus DPD I Golkar menyatakan dukungannya pada Airlangga Hartarto pada Munaslub yang direncanakan pertengahan Desember ini. Selain itu, tiga organisasi pendiri Golkar yakni Soksi, Kosgoro 1957 dan MKGR solid mendukung Airlangga Hartarto.

Penulis Armidis Fahmi
Editor Sukarjito

Tags:

GolkarMunaslubAirlangga Hartarto