logo rilis
Pengamat: Realisasi Janji Kampanye Anies-Sandi Harus Didukung APBD
Kontributor
Tio Pirnando
04 November 2017, 05:05 WIB
Pengamat: Realisasi Janji Kampanye Anies-Sandi Harus Didukung APBD
Gubernur dan Wakil Gubernur Anies-Sandi. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Eksekutif Pusat Studi Sosial dan Politik Indonesia (Puspol Indonesia) Ubedillah Badrun menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno memiliki komitmen yang tinggi.
  
Kebijakan tidak memperpanjang izin Hotel dan Griya Pijat Alexis dan menolak dilanjutkannya proyek reklamasi pulau di teluk Jakarta merupakan bentuk komitmennya dalam menepati janji politik saat kampanye.

"Perspektif politik yang dilakukan Anies-Sandi adalah bagian dari imaging policy. Dan dia berhasil menunjukkan kepada publik bahwa mereka pemimpin yang menepati janji," kata Ubaidilah saat dihubungi di Jakarta, Jumat (3/11/2017)

Menurut Ubed, sapaan akrab Ubaidilah Badrun, apa yang dilakukan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut pada awal kepemimpinannya, ke depan hal itu akan berpengaruh terhadap citra dan elektabilitas kesukaan masyarakat terhadap mereka.

"Tentu itu merupakan upaya menepati janji sekaligus mendapat insentif positif sebagai kebijakan yang sekaligus membuahkan citra positif bagi mereka," paparnya.

Akademisi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu mengatakan ke depan Anies-Sandi harus terus merealisasikan semua janji kampanyenya. Tetapi, kerja keras yang dilakukan haruslah didukung anggaran yang cukup. Untuk itu Anies-Sandi harus mampu memainkan ritme politik anggaran, sehingga program yang dibuat tak mengalami kendala.

"Kewajiban Anies-Sandi untuk menepati janji kampanyenya. Karena hanya itu yang bisa dipegang oleh masyarakat. Tetapi tak dipungkiri, mereka harus mempunyai kemampuan untuk menurunkan janji-janji politiknya dalam APBD. Sehingga tetap mendapatkan dukungan anggaran sekaligus memiliki legitimasi dari DPRD. Itu mekanisme yang harus mereka tempuh," tandas dia.


#dki jakarta
#anies baswedan
#janji kampanye
#apbd
#reklamasi teluk jakarta
#hotel alexis
komentar (0)