logo rilis
Pengamat: Kampanye Tim Jokowi dan Prabowo Masih Mainkan Isu Murahan
Kontributor
Sukma Alam
15 November 2018, 14:13 WIB
Pengamat: Kampanye Tim Jokowi dan Prabowo Masih Mainkan Isu Murahan
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik dari Voxpol Center, Pangi Syarawi Chaniago mengatakan, narasi kampanye politik yang dibangun tim Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi sangat dangkal. Menurutnya, perbincangan publik yang dilakukan kedua kubu mengarah isu negatif.

"Rakyat digiring dengan isu murahan dan persoalan remeh-temeh, konsekuensinya publik teralihkan perhatiannya dari persoalan nyata yang sedang dihadapi rakyat dalam kesehariannya," ujar Pangi dalam keterangan persnya, di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Dia menegaskan, strategi politik semacam ini membuat publik tidak akan mendapatkan informasi yang cukup tentang kandidat. Sehingga pada akhirnya alasan mereka menentukan pilihan hanya berdasarkan sentimen suka atau tidak suka, bukan berbasis visi dan gagasan yang jelas.

"Sangat tidak elok membuat kebisingan dengan memainkan sentimen publik, sementara pada saat yang sama kebisingan tersebut tidak memberi dampak apapun terhadap rakyat," kata dia. 

Dia menekankan semestinya perilaku politik Jokowi dan Prabowo sebagai capres berpanduan pada moral dan naluri politik yang baik. Bukan politik saling sindir, menyudutkan dan membuat polemik setiap pernyataan politik lawan.

"Keluarkan dan susunlah diksi yang meneduhkan, menyematkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bertarung, jangan justru sebaliknya membuat gesekan, memantik polemik, blunder politik sehingga ujungnya menjadi 'bunuh diri' politik," ujarnya.

"Sehingga sikap politik dari masing-masing kandidat dan timnya harus lebih arif dan bijak dalam membuat pernyataan politik," tambahnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID