logo rilis

Pengamat Ini Yakin Jokowi dan Prabowo Peduli Isu Lingkungan
Kontributor
Budi Prasetyo
16 Oktober 2018, 07:37 WIB
Pengamat Ini Yakin Jokowi dan Prabowo Peduli Isu Lingkungan
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Surabaya — Pengamat lingkungan dari Univeritas Airlangga (Unair) Surabaya Suparto Wijoyo yakin pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan peduli isu lingkungan, karena memang menjadi bagaian perhatian di dunia internasional.

“Pasti akan mengusung isu lingkungan. Tidak ada Capres yang tidak mengusung isu lingkungan karena itu menjadi agenda PBB, pasti diusung isu lingkunan,” kata Suparto pada Senin (15/10/2018).

Suparto menjelaskan, para Capres dan Cawapres harus fokus untuk membahas isu lingkungan, agar hak ekologi di Indonesia bisa diselematkan.

“Dalam isu lingkugan ini siapa yang paling fokus menjadikan lingkungan kerja prioritas. Keduanya sama dan tidak akan meninggalkan isu lingkungan. Dalam menerjemahkan isu lingkungan itu tidak hanya sebatas Capres,” tambahnya.

Menurut Suparto, untuk menguji intelektual Capres mengenai ekologi, maka KPU harus memasukkan isu lingkungan dalam agenda utama di debat.

“Dalam konteks ini agenda kerja apa KPU ini. Pemilu ini sarana penting membangun termasuk para Capres mempunyai intelktual ekologis apa tidak tergantung KPU. Kedepan KPU harus menjadikan satu tema lingkungan tidak digabung, tetapi sendiri dan menjadi tema utama,” pungkasnya.

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)