logo rilis
Pengamat Ini Sebut 'Strong Voters' Khofifah-Emil Solid
Kontributor
Budi Prasetyo
08 Juni 2018, 15:35 WIB
Pengamat Ini Sebut 'Strong Voters' Khofifah-Emil Solid
Khofifah-Emil. FOTO: RILIS.ID/Budi Prasetyo.

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo, Surokim Abdussalam menilai, strong voters Khofifah Indar Parawansa(KIP)-Emil Elistianto Dardak sangat solid. 

Hal itu menjadi salah satu faktor yang membuat pasangan nomor satu itu unggul dalam berbagai survei Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

"Strong voters KIP-Emil lebih solid ketimbang GI-Puti dan itu yang membuat pasangan nomor satu bisa unggul," kata dia pada Jumat (8/6/2018).

Menurutnya, mereka lebih banyak dari kalangan pemilih ibu-ibu dan dari pedesaan. Begitu juga dari pemilih partai yang menyokong suara ke KIP-Emil.

Berbeda dengan GI (Gus Ipul)-Puti yang  masih lebih banyak mengandalkan partai pengusung utama dari kalangan nasionalis.

Surokim menjelaskan, Khofifah-Emil juga mendapat limpahan suara undecided voters yang melimpah, sehingga elektabilitasnya beranjak naik.

"Hal ini bisa jadi karena basis suara tradisional lebih banyak, mereka itu masih dinamis cenderung masih menjadi swing dan relatif terbagi rata," katanya.

Meski demikian, Surokim memprediksi bahwa pertarungan masih cukup sengit dan tim Khofifah-Emil harus bekerja keras, agar keunggulan itu bisa tetap bertahan.

"Pilkada jatim memang akan sengit dan kompetitif hingga akhir hari H. Bahkan, jumlah pemilih yang masih bisa berubah masih relatif tinggi (14%) dan dalam situasi seperti itu, suara relatif dinamis," jelasnya.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


komentar (0)