logo rilis
Pengamat: Ibu Kota Pindah Peta Politik Berubah
Kontributor
Sukma Alam
19 September 2019, 10:24 WIB
Pengamat: Ibu Kota Pindah Peta Politik Berubah
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat Sosial Politik Fachry Ali menilai periode setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur adalah dimulainya periode "Post Java".

"Saya menyebut saat ini adalah periode 'Post Java', karena telah berubahnya peta politik dan kekuasaan di negeri ini. Semula berpusat pada tradisi dan gagasan
kebudayaan Jawa yakni pada kekuasaan elite, kini beralih pada kekuasaan rakyat yang egaliter,” ujar Fachry, Kamis (19/9/2019).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada Senin (26/8), telah mengumumkan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur, yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pada diskusi "Kajian Lingkungan Strategis: Pemindahan Ibu Kota di Kalimantan Timur" itu, Fachry Ali menjelaskan, dalam gagasan politik Jawa, kekuasaan itu sangat elitis dan penguasa berada di tengah atau di atas rakyat.

Pandangan itu dalam jangka waktu sangat lama, kata dia, mempengaruhi politik dan kekuasaan di Tanah Air.

Namun, ketika situasi politik nasional berubah ke era reformasi, kata dia, maka membuka kesempatan kepada setiap rakyat bisa tampil dan bertarung dalam kontestasi politik, baik pada Pilkada maupun Pilpres. "Hal ini secara berangsur-angsur mengubah gagasan politik Jawa," katanya.

Menurut Fachry, perubahan drastis yang terjadi saat Joko Widodo terpilih sebagai Presiden, terutama ketika dia menegaskan akan memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan, dan kemudian secara resmi mengumumkan tempat ibu kota baru, yakni di Kalimantan Timur, maka berakhirlah era kekuasaan Jawa.

"Jokowi adalah pemimpin yang dipilih oleh rakyat, bukan penunjukan dari kelas elite. Jadi, dia murni pemimpin yang berasal dari rakyat," katanya.

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID