logo rilis
Pengamat: Cawapres Prabowo Harus Mampu Rebut 'Swing Voters'
Kontributor
Budi Prasetyo
02 April 2018, 15:10 WIB
Pengamat: Cawapres Prabowo Harus Mampu Rebut 'Swing Voters'
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menilai, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, membutuhkan kandidat calon wakil presiden yang bisa merebut suara dari swing voters atau 'massa mengambang', dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang. 

Menurut Siti Zuhro, dengan menggaet suara itu (swing voters), maka peluang untuk menang dalam Pilpres 2019 nanti bisa lebih mudah. 

"Prabowo membutuhkan dukungan cawapres yang mantap dan parpol yang mesinnya diharapkan efektif menambah suara," katanya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (2/4/2018).

Zuhro melanjutkan, Prabowo juga harus bisa membaca aspirasi rakyat mengenai figur pemimpin yang diinginkan. Sehingga, bisa merumuskan strategi yang pas untuk mendulang suara saat pilpres.

"Yang penting dicatat, setiap era ada pemimpinnya dan setiap pemimpin ada eranya. Karena itu siapa pun yang ingin mencalonkan diri dalam Pemilu 2019 perlu membaca aspirasi rakyat. Apakah mereka cenderung menghendaki munculnya pemimpin baru atau sebaliknya," katanya. 

Zuhro juga menyarankan agar elite Parpol tidak memaksakan kehendaknya di Pilpres 2019 mendatang. Dengan menurunkan kandidat yang diinginkan rakyat, maka kualitas Pemilu 2019 nantinya bisa meningkat. 

"Artinya, elite dan parpol-parpol tidak boleh memaksakan kehendaknya ketika mengusung calon. Harus ada pertimbangan yang serius dalam mengusung calon agar kontestasi/kompetisi dalam Pemilu 2019 lebih berkualitas," pungkasnya. 
 

Editor: Kurniati


500
komentar (0)