Home » Peristiwa » Nasional

Pengamat: Belum Saatnya Khofifah Didepak dari Kabinet Kerja

print this page Sabtu, 13/1/2018 | 20:13

Menteri Sosial yang juga bakal calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik Network for South East Asian Studies (NSEAS), Muchtar Effendi Harahap, menilai Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah untuk keluar dari Kabinet Kerja belum relevan dilakukan. Sebab, belum terpilih sebagai Gubernur Jawa Timur.

"Kalau berdasarkan janji Pak Jokowi soal rangkap jabatan, untuk Ibu Khofifah tidak relevan. Karena, Ibu Khofifah belum menjadi Gubernur Jatim. Beliau masih sebagai calon," ujarnya saat dikonfirmasi rilis.id di Jakarta, Sabtu (13/1/2018). 

"Kalau Bu Khofifah sudah terpilih, baru Beliau itu rangkap jabatan. Jadi, tidak pas, kalau sekarang Beliau kita evaluasi. Artinya, kalau Beliau sudah jadi Gubernur, baru sesuai pengertian, Beliau rangkap jabatan di di kabinet Pak Jokowi," imbuhnya mengurai.

Meski demikian, jelas Muchtar, posisi Khofifah sebagai bakal calon Gubernur Jatim bakal mengganggu kinerjanya di Kementerian Sosial. Sebab, menjadi eksekutor dan bertanggung jawab di bidang sosial. 

"Kalau Bu Khofifah tidak aktif, berarti tidak dilaksanakan, dong tugas sosialnya? Dengan demikian, ini sama saja Pak Jokowi tidak melaksanakan urusan sosial negara. Jadi, yang rugi itu Pak Jokowi sebenarnya, bukan Bu Khofifah," tuntasnya.

Penulis Taufiq Saifuddin
Editor Fatah Sidik

Tags:

Kabinet KerjaReshuffle KabinetKemensosKhofifah Indar ParawansaPilgub JatimPilkada 2018