logo rilis
Pengacara Terdakwa Korupsi e-KTP Yakini Kliennya Bukan Aktor Utama, Lalu Siapa?
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
09 Maret 2017, 17:13 WIB
Pengacara Terdakwa Korupsi e-KTP Yakini Kliennya Bukan Aktor Utama, Lalu Siapa?
Soesilo Ariwibowo . FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kasus dugaan korupsi proyek e-KTP telah menyeret mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan ‎Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri, Sugiharto sebagai terdakwa.

Namun pengacara kedua terdakwa, Soesilo Ariwibowo meyakini bahwa kliennya itu bukan lah pelaku utama dalam kasus tersebut.

"Kalau kita lihat juga di dalam dakwaan itu bahwa peran dari terdakwa 1 dan 2, itu saya yakini bukan sebagai pelaku yang utama," kata Soesilo Ariwibowo di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2017).

Soesilo menjelaskan, salah satu yang menjadikan dirinya kedua kliennya bukan pelaku utama adalah terkait dengan waktu dugaan tindak pidana korupsi yang dituduhkan.

"Yang pertama, tempus pemeriksaan itu atau waktu dugaan tindak pidana itu cukup lama dari 2009 sampai 2015 ya," ungkap Soesilo.

Kemudian, menurut Soesilo, soal dakwaan jaksa juga menjadikan dirinya yakin kedua kliennya itu bukan aktor utama. Yaitu berkaitan dengan tindak pidana yang didakwakan, seperti cluster mengenai penganggaran dan cluster mengenai pengadaan barang dan jasa.

"Tapi kalau kita lihat dalam perjalanan, keduanya itu sebenarnya, kerugian negara kalau kita lihat itu banyak kepada arah soal penganggaran atau soal yang bersinggungan dengan legislatif, eksekutif dan sedikit mengenai swasta," pungkasnya.


#Korupsi e-KTP
#Soesilo Ariwibowo
#Irman
#Sugiharto
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID