Home » Muda

Penegakan HAM Tak Bermakna Tanpa Partisipasi Generasi Millenial

print this page Selasa, 14/11/2017 | 21:31

Komisioner Komnas HAM, Mochammad Choirul Anam. FOTO: RILIS.ID/Taufiq Saifuddin

RILIS.ID, Jakarta— Komisioner Komnas HAM Mochammad Choirul Anam mengatakan, penegakan HAM tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya partisipasi generasi millenial. Untuk itu pihaknya sangat terbuka kepada anak muda untuk berpartisipasi dalam isu HAM.

"Generasi millenial harus meletakkan HAM sebagai kebutuhan dasar. Jadi tidak hanya pada soal kerja mencari makan dan minum, menjadi anak gaul itu juga harus bergandengan tangan menjaga kebebasan berekspresi, kebebasan mencari informasi, kebebasan berpikir dan kebebasan berpendapat," kata Anam kepada rilis.id, di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Tanpa partisipasi generasi millenial, penegakan HAM akan kehilangan makna. Sebab makna generasi ini sendiri tidak terbatas ruang dan waktu.

"Anak sekarang kan bisa ngomong kapanpun dan dimanapun, sosial media menyediakan itu. Nah kami mengajak anak sekarang untuk juga gaul memanfaatkan media itu sebagai bagian dari penegakan HAM. Tapi tentu saja harus bertanggung jawab, jangan pakai informasi hoaks," tegas Anam dengan tetap bercanda.

Ia juga meminta kepada generasi Y ini untuk datang ke Komnas HAM jika ada hal terkait isu HAM yang ingin ditanyakan. Begitu juga untuk mengadukan pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

"Intinya kami terbuka, silahkan generasi muda datang ke Komnas HAM kalau ada yang ingin diketahui. Kalau ingin tau transisi politik dan penyelesaian kasus tanyalah kami. Jangan tanya ke yang lain. Supaya, anak sekarang juga ikut diskusi soal peradaban," tandasnya.

Anam menambahkan, anak muda tidak perlu terlalu banyak terlibat diskusi yang berkaitan intrik politik. Karena tantangan paling besar generasi milenial itu secara konsep dia akan mengalami the end of expertise (berakhirnya keahlian di banyak bidang).

Penulis Taufiq Saifuddin
Editor Syahrul Munir

Tags:

Penegakan HAMKomnas HAMGenerasi Millenial

loading...