logo rilis

Penderita TBC di Bekasi hampir 5.000 orang
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
28 Maret 2018, 16:05 WIB
Penderita TBC di Bekasi hampir 5.000 orang
Ilustrasi penanganan kesehatan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Bekasi— Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, menyatakan angka penderita Tuberkulosis (TBC) sebanyak 4.804 jiwa di daerah setempat sepanjang 2017.

"Dan itu sering kalinya diderita pada anak balita sampai remaja pada usia lima hingga 15 tahun. Sedangkan perempuang dengan umur 22 tahun dan laki-laki 19 tahun," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Bekasi, Rudi, Rabu (28/3/2018).

Menurut dia, jumlah penderita TBC masih mungkin bertambah dan penanganannya harus lebih intensif selama enam bulan.

Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan imunisasi pada anak usia dua tahun serta menjaga kebersihan lingkungan, jangan meludah sembarang tempat, dan lain sebagainya.

Ia menambahkan, di Kabupaten Bekasi banyak penderita penyakit TBC yang belum terdeteksi maupun tercatat, karena kurangnya tenaga ahli baik tingkat kecamatan, kelurahan, desa.

Namun, sosialisasi maupun penyuluhan tetap dilakukan secara bertahap bersamaan dengan pengobatan intensif. Tetapi, untuk daerah yang sulit terjangkau tentunya akan ada tim guna melakukan pengobatan.

"Ini sudah menjafi tupoksi dan aturan dimana permasalahan TBC harus terselesaikan dengan baik. Serta masyarakat dapat mengerti arti kebersihan lingkungan," katanya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)