logo rilis
Penari Saman Asian Games Belum Dibayar, Ini Keluhan Emak-emak
Kontributor
Ning Triasih
18 September 2018, 14:02 WIB
Penari Saman Asian Games Belum Dibayar, Ini Keluhan Emak-emak
Penari Saman di pembukaan Asian Games 2018. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Penampilan para penari Saman dalam acara pembukaan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu berhasil mencuri perhatian. Sayangnya, berembus kabar jika honor mereka hingga kini belum dibayarkan.

Hal itu terungkap dalam sebuah unggahan di akun Facebook bernama Andi Lelono Suryo pada Senin (17/9) kemarin.

Dalam unggahannya tersebut, Andi menulis status panjang yang mengungkapkan bahwa masih ada masalah keuangan untuk anak-anak yang jadi pengisi acara pembukaan Asian Games 2018. Khususnya penari Saman yang berhasil membuat dunia 'ternganga' karena penampilannya yang memukau.

Andi dalam postingannya di Facebook mengatakan, jerih payah para penari Saman menghabiskan waktu untuk berlatih hingga lima bulan untuk penampilan tak sampai 10 menit itu hingga kini belum mendapat apresiasi, seperti yang dijanjikan pihak Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc).

Disebut-sebut, setiap penari dijanjikan mendapat honor senilai Rp3 juta. Namun sayangnya, janji itu tak ditepati. Penari justru hanya mendapat uang untuk transportasi dan konsumsi senilai tak sampai Rp200 ribu.

Jika benar, cukup miris. Padahal, pendapatan dari Asian Games 2018 seperti yang disampaikan Ketua Inasgoc Erick Thohir mencapai Rp800 miliar. Sedangkan Bappenas mengatakan, pendapatan dari pesta olahraga terbesar di Asian itu mencapai triliunan rupiah.

Hal ini membuat sejumlah orang tua penari saman angkat bicara. Seperti curahan hati orang tua salah satu peserta tari saman dalam akun Instagram @fiebiehomemade.id berikut ini:

"Anak saya ikut berpartisipasi menjadi peserta tari saman pada pembukaan asian games 2018 sabtu lalu. Tapi samapai hari ini anak saya belum mendapat honor. Entah memang tidak dapat atau sebenarnya sudah dapat tetapi di bayarkan ke skolah masing2. 
Sedih kalo dia tanya: 'kira2 di kasih honor gak ya mah? Masa iya sih gak dapat honor? Penari lain honor nya jutaan loh mah!
"

Honor yang belum turun membuat para siswa peserta tari Saman bertanya-tanya. Sementara sang guru juga tak bisa menjawab.

"Anak2 juga udh nanyain. Tapi saya ga berani jawab. Karena ga tau nyangkutnya dimana," komentar pengguna Facebook bernama Ratna Leonardy.

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID