logo rilis

Pemprov Jatim Kucurkan Rp22,5 Miliar untuk Renovasi Rumah Pascagempa Sumenep
Kontributor
Budi Prasetyo
17 Oktober 2018, 08:00 WIB
Pemprov Jatim Kucurkan Rp22,5 Miliar untuk Renovasi Rumah Pascagempa Sumenep
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supartman

RILIS.ID, Surabaya— Data dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyebutkan, sebanyak 317 rumah rusak akibat gempa di Pulau Sapudi, Sumenep. Untuk melakukan renovasi, Pemprov Jatim mengucurkan anggaran sebesar Rp22,5 miliar.

"Sudah dihitung semua, saya telah mengeluarkan surat agar segera mengeluarkan Rp22,5 miliar. Kalau kurang kita tambahi lagi," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa, (16/10/2018).

Menurut Soekarwo, anggaran itu juga mencakup untuk kebutuhan masyarakat lainnya seperti obat-obatan di wilayah pulau Sapudi. Sedangkan untuk wilayah lain, biaya renovasi ditanggung oleh pemerintah daerah setempat.

"Itu obat-obatan juga. Anggaran itu untuk Sapudi saja, karena disana rusaknya parah," terang politikus yang akrab disapa Pakde Karwo itu.

Pakde Karwo pun mengimbau agar masyarakat korban gempa tetap tenang. Ia menjamin, pihaknya akan melakukan renovasi seluruh rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa.
"Prinsipnya, masyarakat harus tenang, bahwa rumahnya diperbaiki oleh pemerintah," pungkasnya.

Sebelumnya, Gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo di timur laut Situbondo, Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) dini hari jam 01:44 WIB. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd Rahman Riady, mengatakan, tidak saja ada korban luka-luka akibat reruntuhan gempa 6,4 magnitudo tetapi dua orang meninggal di Pulau Sepudi, Sumenep, Madura.

Korban tewas yakni H Nadhar ( 55 ) dan Nuril Kamiliyah (7).

Keduanya warga Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Pulau Sepudi, Sumenep, Madura.

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)