logo rilis
Pemkab Bogor Pastikan Tak Gelar Salat Iduladha di Lapangan
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
22 Juli 2020, 21:00 WIB
Pemkab Bogor Pastikan Tak Gelar Salat Iduladha di Lapangan
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal Jakarta. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria

RILIS.ID, Jakarta— Bupati Bogor Ade Yasin memastikan bahwa jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor di saat pandemi COVID-19 masih berlangsung tidak  menggelar salat Iduladha 1441 Hijriah/2020 Masehi di lapangan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau di Pemkab Bogor pelaksanakan shalat Idul Adha di masjid, kita belum perbolehkan di lapangan," katanya saat ditemui di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). 

Menurut dia, pada pandemi COVID-19 ini Pemkab Bogor akan menggelar shalat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Faizin yang letaknya masih di kompleks perkantoran Pemkab Bogor, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang berlangsung di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor itu juga menyebutkan bahwa secara umum peraturan shalat Idul Adha sama dengan aturan shalat Idul Fitri yang boleh dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid lingkungan terdekat.

"Shalatnya berlaku seperti Idul Fitri di wilayahnya masing-masing, tidak 'menclok' ke mana-mana," katanya.

Pada Idul Fitri 1441 Hijriah lalu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor bersama Pemkab Bogor sepakat membolehkan masyarakatnya melaksanakan shalat id di luar rumah bagi yang berdomisili di wilayah yang penyebaran virus corona terkendali.

"Dapat dilaksanakan di luar rumah dengan memerhatikan ketentuan-ketentuan di wilayah yang masyarakatnya homogen dan penyebaran virusnya terkendali, berdasarkan keterangan pihak berwenang," kata Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Ahmad Mukri Aji.

Sumber: Antara


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID