logo rilis
Pemerintah Siapkan Hunian Tanpa DP untuk ASN, TNI dan Polri
Kontributor
Fatah H Sidik
17 April 2018, 18:18 WIB
Pemerintah Siapkan Hunian Tanpa DP untuk ASN, TNI dan Polri
Ilustrasi perumahan. FOTO: pu.go.id

RILIS.ID, Jakarta— Pemerintah menyiapkan kredit rumah tanpa uang muka (down payment/DP) untuk aparatur sipil negara, TNI, dan Polri. Kredit kepemilikan rumah (KPR) tersebut bersifat opsional.

"Jadi, ASN, TNI, Polri disediakan opsi. Apabila membutuhkan rumah, maka ada kredit yang dasarnya kredit multiguna tanpa DP," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Katanya, skema kredit khusus ASN, TNI, dan Polri itu sudah siap dan tinggal disosialisasikan. Namun, tidak diuraikannya lebih detail. Bambang cuma menyebutkan tenor kredit lebih lama.

"Kalau KPR biasanya 15 tahun, ini bisa 30 tahun dan bisa melewati usia pensiun. Sehingga, ini akan meringankan," klaimnya. "Kalau mereka butuh rumah dimungkinkan, dan nanti metode cicilannya langsung payroll dan gajinya," imbuh dia.

Dalam implementasinya, pemerintah bekerja sama dengan Taspen dan Asabri. Bambang sesumbar, tingkat bunga yang diberikan lebih baik dibanding di pasar.

"Misalnya ingin beli sendiri, ada lokasi yang dia sudah tahu dan diinginkan, silakan saja. Kan, ini tidak mengikat," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menaksir, jumlah ASN, TNI, dan Polri yang belum memiliki hunian (backlog) mencapai 1,58 juta orang. Perinciannya, ASN 945 ribu, TNI 275 anggota, dan Polri 360 ribu personel.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Jokowi meminta skema pembiayaan memanfaatkan dana nonanggaran pemerintah. Sehingga, ada pilihan model pembiayaan alternatif.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)