logo rilis
Pemerintah 'Lumpuhkan' Medsos Hingga 2 Hari ke Depan
Kontributor
Nailin In Saroh
22 Mei 2019, 20:00 WIB
Pemerintah 'Lumpuhkan' Medsos Hingga 2 Hari ke Depan
Ilustrasi Media Sosial

RILIS.ID, Jakarta— Pemerintah memblokir sebagian fitur aplikasi chatting, di antaranya fitur mengirim gambar dan video. Sejauh ini aplikasi media sosial yang 'lumpuh' diantaranya Instagram, Facebook dan pengiriman foto/video pada Whatsapp.

Menko Polhukam Wiranto menyatakan, pemblokiran media sosial itu merupakan upaya pemerintah dalam mengamankan negeri. Diantaranya dari berita bohong atau hoaks.

"Saya juga menyesalkan ini harus kita lakukan, tapi ini suatu upaya untuk mengamankan negeri yang kita cintai ini," ujar Wiranto dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Wiranto pun meminta masyarakat tenang dan sabar, karena sementara waktu tidak bisa melihat gambar ataupun video via aplikasi chatting untuk beberapa hari. Meski demikian, ia menilai pembatasan ini bukan karena pemerintah sewenang-wenang.

"Ya berkorban 2-3 hari nggak lihat gambar kan nggak papa," katanya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut pembatasan akses media sosial (medsos) bersifat sementara dalam rangka menghindari penyebaran kabar bohong atau hoax. 

"Pembatasan ini bersifat sementara dan bertahap. Pembatasan dilakukan terhadap platform media sosial, fitur-fitur media sosial--tidak semuanya--dan messaging system," kata Rudiantara dalam konferensi pers di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (22/5).

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID