logo rilis

Pemerintah Akan Bangun Internet Berkecepatan Tinggi dan Literasi Digital
Kontributor

27 Juli 2018, 08:59 WIB
Pemerintah Akan Bangun Internet Berkecepatan Tinggi dan Literasi Digital
Menkominfo Rudiantara. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan pembangunan infrastruktur internet berkecepatan tinggi harus dibarengi dengan peningkatan literasi digital masyarakat.

"Infrastruktur dibangun, manusianya juga harus dibangun. Namun, pemerintah tidak bisa sendiri untuk meningkatkan literasi digital," kata dia dalam Seminar Hari Anak Nasional 2018 di Auditorium Adhyana, Wisma Antara pada Jakarta, Kamis, 26 Juli kemarin.

Karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya meningkatkan literasi digital dengan melibatkan banyak pihak, termasuk kementerian/lembaga, dunia usaha, dan lembaga swadaya masyarakat yang disebut dengan Siberkreasi.

Dengan peningkatan literasi digital, Rudiantara berharap, masyarakat terutama anak-anak, bisa memilah dan memilih saat menggunakan internet dan media sosial.

"Harus pandai memilah dan memilih. Pilah dengan meninggalkan yang negatif dan pilih yang positif saja," ujarnya.

Rudiantara mengatakan, pemerintah tengah membangun infrastruktur internet berkecepatan tinggi dengan sasaran seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Dengan program Palapa Ring, pada 2019 ditargetkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia sudah terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

"Tidak bisa literasi dulu dibangun, kemudian pembangunan teknologi belakangan. Kalau itu dilakukan, kita akan tertinggal dengan negara lain," tuturnya.

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID