logo rilis

Pemda Bombana Sultra Kembangkan Teknologi Jarwo Super Ribuan Hektar
Kontributor
Elvi R
17 November 2018, 12:00 WIB
Pemda Bombana Sultra Kembangkan Teknologi Jarwo Super Ribuan Hektar
Padi jarwo super. FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Dalam upaya khusus peningkatan produksi padi di Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara maka Dinas Pertanian Kab. Bombana melaksanakan Gerakan Peningkatan Produksi Padi Sawah Irigasi( GP3SI) seluas 1.000 hektare. Gerakan tersebut tersebar di tujuh kecamatan yaitu Poleang Barat, Poleang Timur, Poleang Utara, Rarowatu, Rumbia, Rarowatu Utara dan Lantari Jaya. 

Program GP3SI dilaksanakan dengan menetapkan Teknologi Jajar Legowo Super yang didalamnya menggunakan Varietas Inpari 33. Aplikasi Dekomposer, Aplikasi Pupuk Hayati, Penggunaan Bioprotektor dan Penggunaan Alsintan. 

Bupati Bombana Tafdil SE, MM sangat menyambut baik Inovasi Jajar Legowo Super dengan harapan produktivitas padi di daerahnya naik dua ton per hektar. 

Penerapan teknologi jarwo super dilaksanakan berdasarkan kerjasama BPTP Sultra dengan Pemkab Bombana yang melibatkan Tim Peneliti dan Teknisi. Pengawalan ketat dilakukan oleh BPTP Sultra dengan prioritas pada even penerapan teknologi. 

Kepala BPTP Sulawesi Tenggara Ir. Muh. Asaad MSc optimis kegiatan ini dapat berhasil namun mengharapkan para petani agar menerapkan teknologi yang telah direkomendasikan secara tepat. 

Penyuluh Pertanian Poleang Utara Duwi Atmanto menyatakan bahwa pertumbuhan padi jajar legowo super cukup baik. Para petani sangat antusias melaksanakan program tersebut namun tetap mengharapkan  pendamp ingan dari peneliti dan penyuluh pertanian.

Sumber: Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)