logo rilis
Pembukaan Asian Games 2018 Tuai Pujian, PSI: Ini Hasil Reformasi
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
19 Agustus 2018, 12:01 WIB
Pembukaan Asian Games 2018 Tuai Pujian, PSI: Ini Hasil Reformasi
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Partai Solidaritas Indonesia (PSI) turut mengomentari terkait pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang menuai pujian dari berbagai pihak, termasuk dunia internasional.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PSI, Raja Juli Antoni, kesuksesan acara pembukaan Asian Games itu adalah buah dari gerakan Reformasi 1998. 

"Reformasi melahirkan kebebasan, kebebasan membuka ruang kreativitas. Para pekerja seni bebas mengekplorasi berbagai kemungkinan tanpa perlu dihantui oleh juklak juknis dari pemerintah," katanya melalui siaran persnya kepada rilis.id, Minggu (19/8/2018). 

Toni, sapaan akrabnya, mengatakan, para tim yang berada di balik panggung acara bisa bebas menuangkan kreasi dan ekspresinya tanpa ada tekanan dari berbagai pihak.

Hal itu, menurutnya, yang dirasakan oleh  orang-orang seperti Wisnutama, Adhi MS,  dan lainnya yang berperan besar dalam kesuksesan acara tersebut. 

"Mereka beruntung bisa mengeksplorasi ide dengan Presiden Jokowi yang juga gandrung dengan ide-ide kreatif yang out of the box," ujar dia. 

Reformasi, lanjut Toni, juga melahirkan profesionalisme dalam menempatkan orang pada tempat yang tepat. Pasalnya, yang terlibat dalam acara pembukaan Asian Games itu adalah orang-orang terbaik di bidangnya masing-masing. 

"Bukan hasil KKN, titipan dari seorang pejabat atau petinggi di negeri ini," lanjutnya. 

Untuk itu, Toni berharap, amanah reformasi yang telah terlihat hasilnya itu harus terus dijaga dan dirawat. Apalagi menurutnya, saat ini ada pihak-pihak tertentu yang mulai ingin kembali ke masa kelam Orde Baru.

"Jangan sampai anak muda baru kaget kehilangan kebebasan dan profesionalitas ketika rezim berkuasa kembali kepada gaya kepemimpinan lama," tandasnya. 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)