logo rilis
Pelindo III Sukses Dongkrak Laba karena Tiga Hal Ini
Kontributor
Eroby JF
03 April 2018, 23:56 WIB
Pelindo III Sukses Dongkrak Laba karena Tiga Hal Ini
Salah satu terminal di pelabuhan barang Pelindo III. FOTO: pelindo.co.id

RILIS.ID, Surabaya— Direktur Utama Pelindo III Ari Askhara mengatakan, peningkatan pendapatan tahun 2017 berdasarkan laporan kinerja teraudit, dikarenakan adanya transformasi budaya di perusahaan yang fokus pada aspek manusia, proses dan teknologi.

Ari mengatakan, tahun 2017 perusahaan mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar Rp2,04 triliun, atau melonjak 35 persen dari 2016 yang tercatat Rp1,51 triliun.

Sedangkan peningkatan pendapatan 2017 sebesar 18 persen year on year, atau melampaui pertumbuhan beban usaha yang berhasil ditekan sebesar 5 persen year on year (YOY).

Dari hasil laba itu, kata Ari, total setoran pajak Pelindo III yang diberikan kepada negara untuk kinerja tahun 2017 sebesar Rp1,19 triliun.

"Keberhasilan atas pencapaian laba tersebut berasal dari transformasi budaya perusahaan yang fokus pada aspek people, process and technology," kata Ari, di Surabaya, Selasa (3/4/2018).

Ari menjelaskan, sumber daya manusia merupakan modal yang sangat bernilai bagi perusahaan. Untuk itu, perlu ditingkatkan kompetensinya, agar lebih produktif untuk bekerja sama dalam menjalankan roda bisnis perusahaan, yang didukung dengan penggunaan teknologi yang optimal.

Perseroan, kata dia, juga mengambil langkah perubahan secara fundamental di lingkungan perusahaan, yaitu diversifikasi ekstensifikasi bisnis, efisiensi dan transformasi budaya.

Beberapa diversifikasi bisnis yang dilakukan di antaranya sektor energi, properti, pengembangan port tourism, logistik, hingga layanan kesehatan.

"Kami juga menjalin berbagai sinergi baik dengan sesama BUMN, maupun mengakuisisi saham atau membentuk usaha patungan (joint venture) dengan swasta," tuturnya.

Ari menjelaskan, perolehan laba korporasi tidak hanya didapat dari induk perusahaan, melainkan juga anak perusahaan yang mempunyai andil besar dengan total laba mencapai Rp952 miliar. Angka itu melonjak sebesar 44 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp662 miliar.

"Keberhasilan anak usaha Pelindo III dalam menyumbang laba korporasi dilakukan dengan penerapan sinergi antaranak perusahaan dengan cabang-cabang di wilayah kerja Pelindo III," katanya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)