logo rilis
Pelindo III Setor Rp1,8 Triliun ke Negara
Kontributor

17 Mei 2018, 13:03 WIB
Pelindo III Setor Rp1,8 Triliun ke Negara
Kapal mengangkut kontainer yang akan berlabuh di pelabuhan yang dikelola Pelindo III. FOTO: pelindo.co.id

RILIS.ID, Surabaya— PT Pelindo III telah menyerahkan setoran kepada negara untuk tahun 2017 senilai Rp1,8 triliun, sebagai pemenuhan kewajiban tahun buku 2017 dan sebagai bagian dari pelaksanaan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar April 2018.

Finance Director Pelindo III Saefudin Noer mengatakan, setoran kepada negara ini tak dapat dilepaskan dari tingginya laba yang berhasil dibukukan Pelindo III sepanjang tahun 2017 yang mencapai Rp2,03 triliun.

"Setoran tersebut merupakan jumlah tertinggi yang mampu dicetakkan perseroan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dan ini kuncinya adalah kami mengutamakan kepuasan pelanggan dengan mempermudah transaksi layanan kepelabuhanan di manapun dan kapan pun," kata Saefudin, dalam keterangan persnya, Kamis (17/5/2018).

Ia mengatakan, beberapa layanan kemudian seperti implementasi Integrated Billing System sudah dilakukan sejak November 2016, dan langsung dapat dirasakan oleh pengguna jasa.

"Kami telah melakukan pembayaran kontribusi berupa dividen perusahaan di awal Mei 2018 senilai Rp441 miliar ke pemerintah, dan ini merupakan level tertinggi sepanjang Pelindo III berdiri. Kami selesaikan dalam satu kali kesempatan," katanya.

Dari total setoran, terdapat kontribusi untuk pajak sebesar 66,7 persen atau setara dengan Rp1,2 triliun dan dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan jumlah Rp160 miliar.

"Selain meningkatkan performa layanan, kami melalui penambahan fasilitas pelabuhan dan pembangunan infrastruktur pelabuhan, juga mengambil langkah efisiensi dalam menjalankan perusahaan," katanya.

Langkah itu, kata dia, menyebabkan pertumbuhan beban usaha lebih rendah dibandingkan pendapatan yang kami terima, dan hingga kuartal I tahun 2018 laba usaha Pelindo III mencapai Rp913 miliar.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)