logo rilis

Pekan Kebudayaan Aceh Hadir Kembali, Nantikan Kemeriahannya Agustus Mendatang
Kontributor
Ning Triasih
04 Juni 2018, 14:17 WIB
Pekan Kebudayaan Aceh Hadir Kembali, Nantikan Kemeriahannya Agustus Mendatang
FOTO: Instagram/@pkaceh7

RILIS.ID, Aceh— Tahun 2018 ini, Aceh akan kembali menggelar hajatan besar bertajuk Pekan Kebudayaan Aceh (PKA). Perayaan PKA akan dilangsungkan di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh pada 5-15 Agustus 2018 mendatang.

PKA merupakan salah satu momen terbaik bagi masyarakat Aceh untuk saling mengenal antarsuku, sekaligus sebagai ajang memperkenalkan budaya aceh kepada wisatawan.

Perayaan PKA kali ini sepertinya akan jauh lebih meriah dari sebelumnya. Pasalnya, pemerintah Aceh mengundang sejumlah negara Islam, baik di Asia Tenggara, Eropa, maupun Timur Tengah untuk ikut meramaikan gelaran budaya Aceh ini.

"Negara itu di Asia Tenggara, Turki, Kazakstan, dan di Timur Tengah untuk ikut memeriahkan PKA 2018 ini," kata Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, di Banda Aceh, Senin (4/6/2018) seperti dilansir ANTARA.

Nova yang juga Ketua Panitia PKA VII menambahkan, selain negara-negara lain, pihaknya juga mengundang seluruh provinsi di Indonesia untuk mengikuti perhelatan seni budaya lima tahunan tersebut.

Di PKA nanti, disebut Nova, bakal ada puluhan rangkaian atraksi seni dan budaya yang dikemas dalam tujuh kegiatan utama. Ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang pelaksanaan PKA.

"PKA VII rencananya dibuka Presiden RI yang dihadiri 35 ribu tamu undangan dan masyarakat umum. Pembukaan akan menampilkan tari kolosal Aceh Lhee Sagoe dengan melibatkan 1.000 penari," ujarnya.

Sementara itu, dilansir rilis.id dari Instagram Pekan Kebudayaan Aceh @pkaceh7, PKA VII ini akan menampilkan sejumlah kekayaan seni tari dan musik tradisional se-Aceh. 

Tidak ketinggalan, sejumlah perlombaan juga akan mewarnai hajatan Aceh ini. Ada pula pameran kebudayaan berupa barang-barang peninggalan sejarah seperti pakaian, senjata, naskah kuno, keramik dan lukisan juga turut mewarnai gelaran PKA.

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)