Home » Peristiwa » Nasional

Pekan Depan, Menhan Tanda Tangani Kontrak 11 Sukhoi

print this page Jumat, 12/1/2018 | 01:25

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, segera menandatangani kontrak pembelian pesawat tempur Sukhoi-35 dalam waktu dekat. Rencananya, pembelian itu untuk mengganti F-5 Tiger.

"Kalau tidak minggu ini, minggu depan kita akan tanda tangan kontrak untuk datangkan 11 pesawat tempur Sukhoi yang baru," ujarnya di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu menjelaskan, penandatanganan kontrak akan dilakukan di Indonesia. Nilai kontraknya sebesar US$1,140 juta.

"Itu sudah sesuai Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012, transfer of technology (ToT) dan imbal dagang. Nilai kontraknya mencapai US$1,140 juta, karena unit pesawatnya bisa langsung menembak," jelasnya.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menambahkan, 11 unit pesawat Sukhoi yang akan dibeli sudah dengan perlengkapan komplet, termasuk simulatornya.

"Penambahan lain, adalah radar ground controlled interception (GCI) yang sekarang ini baru berjumlah 20 unit. Ke depan, kita mengharapkan penambahan 12 lagi, sehingga totalnya 32 radar dapat meng-cover seluruh wilayah Indonesia," tuntasnya.

Penulis Zulhamdi Yahmin
Editor Fatah Sidik

Tags:

KemenhanRyamizard RyacuduHadi TjahjantoSukhoi-35F-5 Tiger