logo rilis
Pejabat: Korut Siap Lucuti Senjata Nuklir
Kontributor
Syahrain F.
24 Mei 2018, 13:55 WIB
Pejabat: Korut Siap Lucuti Senjata Nuklir
Rudal Korut. FOTO: Ist

RILIS.ID, Seoul— Korea Utara berencana melucuti situs tes nuklir mereka pada Kamis (24/5/2018), kata seorang pejabat Pyongyang kepada awak media pada malam sebelum pembongkaran.

"Jika kondisi cuaca besok bagus, kita bisa melakukannya," lapor kantor berita lokal Yonhap mengutip pejabat pemerintahan yang tak disebutkan namanya tersebut kepada jurnalis dari Korea Selatan.

Melansir Anadolu Agency, delapan media pool dari Korsel pada akhirnya diberikan akses untuk bergabung bersama jurnalis asing lain di Korut pada Rabu (23/5), setelah Korea Utara meminta mereka menunggu perizinan sejak pekan lalu, ketika negara reklusif ini dengan mengejutkan meninggalkan proses dialog antar-Korea yang telah berjalan selama sebulan.

Hubungan bilateral kedua negara kembali memburuk setelah Korut menuduh Korsel--di samping keluhan-keluhan lain--merencanakan agresi karena melakukan latihan militer gabungan dengan AS.

Meski begitu, Pyongyang tetap diharapkan menepati janjinya untuk membongkar situs Punggye-ri di mana mereka melakukan enam tes misil yang mengakibatkan pemberian sanksi global.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan melihat rencana perlucutan ini sebagai "titik mula" proses denuklirisasi Korea Utara.

Langkah berikutnya diharapkan merupakan kelanjutan rencana pertemuan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden AS Donald Trump.

Pertemuan itu dijadwalkan berlangsung pada 12 Juni di Singapura--meski Trump memperingatkan tanggalnya bisa berubah setelah Korea Utara membatalkan dialog dengan Korsel dan mengancam akan membatalkan juga rencana pertemuan tingkat tinggi dengan Washington.


500
komentar (0)