logo rilis

PDIP: Tak Bisa Cawapres Jokowi Belum Punya Pengalaman di Pemerintahan
Kontributor
Sukma Alam
14 Juli 2018, 06:04 WIB
PDIP: Tak Bisa Cawapres Jokowi Belum Punya Pengalaman di Pemerintahan

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, figur calon wakil presiden tidak bisa diukur dari tingginya popularitas dan elektabilitas, namun harus dilihat dari faktor kredibilitas, integritas dan kompetensi membantu presiden dalam mengelola negara serta pemerintahan.

"Karena wapres adalah simbol pemerintahan negara, tidak bisa posisi ini diserahkan kepada figur yang belum memiliki pengalaman yang cukup untuk mengelola negara yang besar, kompleks dan luas permasalahannya," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Basarah mengatakan meskipun dalam konteks pemilihan, faktor popularitas dan elektabilitas itu penting namun bukan satu-satunya parameter karena harus juga dilihat pengalaman, integritas dan kompetensi memimpin bangsa.

Dia menilai posisi wapres sangat strategis dalam sistem tata negara Indonesia karena sebagai kekuatan cadangan, artinya jika terjadi sesuatu atas jabatan presiden, maka menurut UUD 1945, wapres naik menjadi presiden.

Selain itu menurut dia, posisi wapres menjalankan fungsi delegasi karena, misalnya, apabila Presiden ke luar negeri maka wapres yang akan menangani tugas-tugas presiden.

"Menurut saya tidak bisa posisi ini dalam kontak pencalonannya itu semata-mata diukur dari faktor elektabilitas dan popularitas, tapi harus juga dilihat dari faktor kredibilitasnya, integritas, kompetensinya, kemampuan mengelola negara yang begitu kompleks," ujarnya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)