logo rilis
PDIP: Ibu Megawati Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR
Kontributor
Sukma Alam
03 Oktober 2019, 10:06 WIB
PDIP: Ibu Megawati Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI Ahmad Basarah mengatakan partainya akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar menjadi  calon Ketua MPR

Menurut dia, keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan demi tegaknya demokrasi Pancasila yang salah satu cirinya adalah pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol peserta pemilu lainnya.

"Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Basarah, Kamis (3/10/2019).

Dia menjelaskan setelah seluruh fraksi di MPR dan Kelompok DPD RI punya perwakilan di Pimpinan MPR, maka dasar penentuan menjadi Ketua MPR adalah dengan pertimbangan partai memperoleh suara terbanyak di Pemilu 2019.

Hal tersebut menurut dia, sama dengan mekanisme penentuan jabatan Ketua DPR RI. Namun partainya meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila tidak menganut prinsip "pemenang pemilu mengambil semua".

"Karena itu, kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan," ujarnya.

Dia mengatakan, ada syarat dukungan yang disampaikan PDI Perjuangan kepada Bamsoet dan Fraksi Partai Golkar pada saat pertemuan musyawarah antar Pimpinan Fraksi MPR pada Rabu (2/10).

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID