logo rilis
PDIP-Golkar Sepakat, Cawapres Harus Bikin Nyaman Jokowi
Kontributor
Nailin In Saroh
23 Maret 2018, 20:33 WIB
PDIP-Golkar Sepakat, Cawapres Harus Bikin Nyaman Jokowi
ILUSTRASI: RILSI.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Politisi PDIP Maruara Sirait memaparkan empat kriteria calon wakil presiden pendamping Joko Widodo. Pertama, adalah elektabilitas. 

"Kalau Jokowi tidak aman, dia harus punya wakil yang bisa mengamankan elektabilitas. Karena menang itu penting selain apa manfaatnya," ujar Maruara di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Kedua, kecocokan. Menurut Ara, sapaan akrab Maruara, dalam bekerja tentu presiden butuh 'nyaman' dengan wakilnya dengan saling menghargai, mendukung, dan sebagainya.

"Nyaman itu penting," katanya.

Ketiga, kesempurnaan gabungan dari dua hal itu yakni elektabilitas tinggi dan cocok.

"Keempat, apa konsepnya pak Jokowi 2019-2024? Apakah dia mencari wakil yang bersama hingga 2024 ataukah visi jauh ke depan bahwa wakilnya bisa meneruskan tongkat estafet?" ujarnya.

"Itu adalah empat poin yang saya yakin Jokowi, kawan saya, akan berpikir matang dan dalam," ungkap Ara.

Berkaitan dengan 'kenyamanan' presiden yang disebutkan Ara, ini sejalan dengan ucapan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang mengatakan Jokowi nyaman dengan kader Golkar. Namun, Ara mengklarifikasi 'nyaman' tersebut harus berdasarkan ideologis partai. Menurutnya, itu wajar diungkapkan partai yang ingin dekat dengan Jokowi.

"Hari ini begitu banyak parpol yang mendukung beliau. Itu adalah contoh yang baik dan parpol ini kan sebenarnya pintar-pintar. Tentu ada alasan ideologis, tapi alasan praktis bahwa yang berpeluang memenangkan pemilu 2019 itu Jokowi pasti dibenak pikiran mereka. Siapa sih partai yang mau kalah, saya kira itu. Parpol juga pasti mau menang. Memang Jokowi sangat punya potensi untuk menang," pungkasnya.

Editor: Eroby JF


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)