logo rilis
PDIP Dukung Kemenag Keluarkan Rekomendasi 200 Nama Penceramah
Kontributor
Tari Oktaviani
19 Mei 2018, 16:00 WIB
PDIP Dukung Kemenag Keluarkan Rekomendasi 200 Nama Penceramah
Ustaz Abdul Somad sedang memberikan ceramah. FOTO: RILIS.ID/Lampung

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari fraksi PDIP menilai rekomendasi Kementerian Agama terkait 200 nama penceramah yang dinilai layak diundang, sebagai bagian dari upaya meninimalisir aksi teror. Menurutnya, rekomendasi tersebut tidak lah menjadi soal dan tidak menimbulkan polemik baru.

"Kita cermati ini segala upaya sedang kita coba. Kita tidak dalam upaya posisi untuk buat polemik baru. Yang namanya kita rasakan ini bagus maka kita coba dulu kalau di jalan kurang maka kita perbaiki yamg jelas ada lah upaya untuk melakukan meminimalisir resiko," kata Arteria, Jakarta, Sabtu (19/5/2018).

Dia berujar, nantinya pemerintah juga perlu melakukan aksi pencegahan guna menghadapi teror dan radikalisme yang marak terjadi. Menurutnya, bahkan tak hanya Kementerian Agama, namun kementerian lain juga perlu melakukan hal serupa.

"Semua kementerian dan lembaga kita instruksikan untuk peduli dan kita minta cermati isu ini. Kemenag bermain itu. Kemensos terkait dengann radikalisasi rehabilitasi sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga lakukan itu. Bagaimana bangpol yang dilakukan teman-teman pemerintah daerah itu Kesbangpol-nya (Kesatuan Bangsa dan Politik) memastikan orang-orang yamg diundang itu layak sehingga dapat memberi pemahaman tentang Indonesia," paparnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama merilis daftar berisikan 200 nama yang bisa menjadi rujukan. "Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam siaran pers di situs Kementerian Agama , Jumat (18/5) petang.

Editor: Elvi R


500
komentar (0)