logo rilis

PDIP Ajak Demokrat Dorong KPK Jerat Gamawan dan Diah
Kontributor
Sukma Alam
29 Maret 2018, 07:23 WIB
PDIP Ajak Demokrat Dorong KPK Jerat Gamawan dan Diah
Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan, mengajak Partai Demokrat bersama-sama mendukung KPK menuntaskan kasus dugaan korupsi e-KTP secara tuntas.

"Kami paham beban psikologis Demokrat, mengingat kasus korupsi tersebut terjadi pada pemerintahan SBY dan seluruh inisiatif program e-KTP memang berasal dari eksekutif," kata Arteria dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Dia menjelaskan dukungan bersama untuk KPK itu dilakukan dengan cara membangun kesepahaman untuk memfokuskan pemberantasan korupsi e-KTP tersebut secara tuntas dari hulunya yaitu dari kuasa pengguna anggaran.

Merujuk hal itu, Arteria menyebut nama Gamawan Fauzi dan Diah Angraeni sebagai kuasa pengguna anggaran.

"Saya mengajak Partai Demokrat, apakah sepakat bahwa Gamawan Fauzi dan Diah Anggraini adalah hulu dari persoalan korupsi tersebut mengingat tanggung jawabnya sebagai pengguna anggaran," ujarnya.

Hal itu terlebih dari fakta di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan persidangan, nama Gamawan Fauzi disebut 4 kali, termasuk perannya mengubah sumber pembiayaan e-KTP yang semula dari hibah, menjadi penganggaran multiyears.

Dia mengatakan apabila Demokrat setuju maka PDIP akan mengacungi jempol dan bisa duduk bersama dalam agenda ke depan.

Ia menambahkan PDIP berharap seluruh pihak memberikan dukungan agar tercipta suasana kondusif sehingga KPK dapat mengungkapkan perancang dan aktor intelektulnya.

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)