logo rilis
Pastikan Keamanan, PUPR Turunkan Tim ke Lokasi Longsor Puncak Pass
Kontributor
Tio Pirnando
29 Maret 2018, 16:02 WIB
Pastikan Keamanan, PUPR Turunkan Tim ke Lokasi Longsor Puncak Pass
Longsor Puncak Pass. FOTO: Humas Kementerian PUPR

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Direktorar Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Atyanto Busono mengatakan, telah menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan keamanan pada badan jalan di Kawasan Puncak Pass usai hujan dengan intensitas yang cukup tinggi pada Rabu (28/3/2018) kemarin.

"Tujuan pemeriksaan tersebut dalam upaya memastikan jalan aman untuk dilintasi," ujar Atyanto, Kamis (29/3/2018).

Dia mengatakan, dalam rangka memastikan keamanan dan sekelamatan pengendara, tim Kemen PUPR dan Kepolisian Resor (Polres) Bogor telah menutup jalan di dua arah tersebut. Karena, tim tengah melakukan pemeriksaan secara intensif.

"Lama penutupan jalan masih menunggu hasil pemeriksaan dan penanganan tebing yang longsor," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, di lokasi 20+650 Kilometer PUPR melalui BBPJN VI saat ini tengah menyelesaikan penanganan di lokasi yang mengalami longsor.

Kemen PUPR meminta agar pengendara  berhati-hati saat melintas di jalur kawasan Puncak Pass, terutama pada titik-titik yang rentan longsor.

"Pihak Kepolisian Resor Bogor juga sudah mengarahkan bagi kendaraan yang akan menuju Cianjur dipersilakan menggunakan jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi," tutup dia.

Sebelumnya, tanah longsor terjadi di jalur pucak Pass atau tepatnya di Kampung Puncak RT03/01, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, pada Rabu (28/3) sekitar pukul 20:45 WIB.

Longsoran tanah tersebut terjadi sepanjang 40 meter dan mengakibatkan bronjong yang tengah dikerjakan pemasangannya oleh BBPJN VI juga runtuh.

Pemasangan bronjong merupakan penanganan darurat pasca longsoran yang sebelumnya juga terjadi di lokasi tersebut. Untuk penanganan permanen akan dilakukan dengan menggunakan konstruksi bore pile. Alat-alat berat kini sudah berada di lokasi dan tengah bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan penanganan longsoran. 

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)