logo rilis
Pastikan Keamanan Mudik, Kemenhub Lakukan Ramcheck
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
08 Juni 2018, 09:55 WIB
Pastikan Keamanan Mudik, Kemenhub Lakukan Ramcheck
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supartman

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub, Bambang Prihartono, menegaskan, akan memastikan keamanan seluruh kendaraan umum yang akan dipergunakan untuk mudik Lebaran 2018. Salah satunya, kata Bambang, pihaknya memberlakukan pengecekan rem (remchek) kepada setiap kendaraan umum tersebut. 

"Kita inpesksi keselamatan dengan melakukan remcheck, saat ini sudah sekitar 70 persen berjalan," kata Bambang di kawasan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (7/6/2018) kemarin. 

Tak hanya itu, ujar Bambang, sistem keamanan selama perjalanan arus mudik dan balik juga sudah terjamin dengan kerja sama Kemenhub dan TNI-Polri. Juga sejumlah sarana prasarana yang sudah disiapkan dalam memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik. 

“Pelayanan untuk masyarakat juga terus ditingkatkan. Sistem keamanan juga akan terjamin atas kerja sama Kemenhub dengan TNI-Polri," ujarnya.

Bambang mengimbau, seluruh masyarakat bisa tertib untuk mendukung kesuksesan arus mudik 2018. Salah satunya, dengan mengikuti arahan dari para petugas di lapangan. 

“Kalau memang arus lalu lintasnya dialihkan, ikuti saja. Itu artinya, memang jalan tol saat itu sedang padat. Tak lupa, perhatikan rambu-rambu yang ada. Teman-teman di kepolisian pasti akan mengatur sesuai diskresi yang ada,” ujarnya. 

Dibandingkan arus mudik 2016, ungkap Bambang, pada 2017 mobil pribadi mengalami peningkatan sebesar 28,74 persen dan sepeda motor 33.53 persen. Ini menunjukan kendaraan pribadi terus meningkat.

“Karena itu, saya tekankan shifting untuk menggunakan kendaraan transportasi umum. Ke depan, kendaraan pribadi akan dipersempit ruang geraknya agar beralih ke transportasi umum," pungkasnya.

Editor: Sukma Alam


500
komentar (0)