logo rilis
Pascamelahirkan Masih Melar? Coba Tujuh Olahraga Ini untuk Turunkan Berat Badan
Kontributor
Elvi R
03 Desember 2020, 16:00 WIB
Pascamelahirkan Masih Melar? Coba Tujuh Olahraga Ini untuk Turunkan Berat Badan
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supartman

RILIS.ID, Jakarta— Kenaikan berat badan saat hamil memang lazim terjadi. Bahkan, kenaikan berat badan sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan. Namun, bagaimana setelah melahirkan berat badan anda tak juga menurun? Atau justru terus meningkat saat masa menyusui?

Simak yuk delapan olahraga yang aman bagi ibu menyusui untuk mengurangi berat badan anda.

1. Jalan kaki atau joging

Jalan kaki atau joging merupakan olahraga dengan intensitas rendah. Namun, apalagi dilakukan secara rutin mampu menjaga berat badan anda. Mencegah penyakit jantung, memperkuat otot dan tulang hingga memberikan suasana hati yang baik bagi anda. 

2. Berenang
Ibu menyusui aman untuk melakukan olahraga renang. Selain meningkatkan detak jantung, renang juga menjaga berat badan anda tetap ideal.

3. Sepeda
Olahraga yang sedang digandrungi ini juga bisa dilakukan oleh ibu menyusui. Banyak sekali manfaat selain menurunkan berat badan anda. Bersepeda juga akan menjaga kesehatan kardiovaskuler, otot, fleksibilitas, menjaga postur, meningkatkan pergerakan sendi, memperkuat tulang dan meredakan depresi.

4. Angkat beban
Angkat beban menjadi aman ketikda dilakukan dengan barbel yang beukuran kecil. Sehingga olahraga dilakukan dengan intensitas kecil. Jangan lupa harus rutin ya!

5. Push up
Ibu yang sedang menyusui biasanya tidak punya banyak waktu dan kesempatan untuk keluar rumah. Oleh karena itu, push up bisa jadi alternatif olahraga anda. Mudah dan murah, tapi punya banyak manfaat. Seperti untuk menjaga kesehatan sendiri, otot dan kerja kardiovaskuler. Jangan lupa pemanasan dulu ya! Sehingga otot tidak kejang.

6. Yoga
Selain untuk menurunkan berat badan anda Yoga juga dapat membantu Anda untuk melawan rasa nyeri akibat terlalu lama menyusui. Pilih gerakan yoga berintensitas rendah untuk menghindari risiko yang tidak diingikan. Segera hentikan aktivitas ini jika Anda merasakan sakit saat melakukan gerakannya.

Ada banyak gerakan yoga yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui, seperti Chakravakasana, pose sphinx, hingga pose jembatan (setu bandha sarvangasana).

7. Pilates
Olahraga ini mampu memperkuat tubuh, tapi relatif aman untuk ibu menyusui. Pilates akan membuat anda lebih fleksibel

Yuk semangat turunkan berat badan!


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID