logo rilis
Partainya Gabung Oposisi, Asman Abnur Tunggu Arahan Jokowi
Kontributor
Nailin In Saroh
14 Agustus 2018, 19:45 WIB
Partainya Gabung Oposisi, Asman Abnur Tunggu Arahan Jokowi
MenPAN-RB, Asman Abnur. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB), Asman Abnur masih menunggu arahan Presiden Joko Widodo terkait rencana pengunduran dirinya sebagai menteri.

"Beliau (Asman Abnur) telah menyampaikan melalui Mensesneg uuntuk memohon arahan presiden mengenai posisi beliau saat ini," kata Karo Humas Kemenpan-RB, Mudzakir, kepada wartawan di Kantor Kemenpan-RB, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Sambil menunggu arahan Presiden Jokowi, kata dia, Asman Abnur masih bekerja sebagai Menpan RB.

"Saat ini beliau masih bekerja sebagai menteri. Beliau baru menyelesaikan rapat dgn beberapa badan lembaga terkait mengenai jaminan kualitas dari proses CPNS. Jadi, beliau masih terus bekerja," tutur Mudzakir.

Ia mengaku, Asman Abnur enggan menemui wartawan yang sudah lama menunggu lantaran pernyataan sudah disampaikan di beberapa media.

"Beliau merasa 'statement' di beberapa media sudah cukup. Saat ini beliau menunggu arahan bapak presiden," ujarnya.

Mudzakir pun enggan mengomentari bahwa mundurnya politisi PAN itu sebagai menteri lantaran terkait perbedaan koalisi partainya dengan Presiden Jokowi di Pilpres 2019.

"Tidak dalam posisi kami menjawab. Tapi tentunya pak menteri sampai sekarang masih aktif bekerja dan pencapaian dia diakui publik dalam reformasi birokrasi," tuturnya.

Staf Humas Kementerian PAN-RB, Suwardi mengatakan hingga kini Asman belum membereskan barang-barang pribadi yang ada di ruangannya. 

Berbagai barang pun masih tertata rapih.

"Belum beres-beres, tadi sempat ke ruangan masih di ruangan kok, foto segala macam," kata Suwardi.

Partai Amanat Nasional (PAN) menarik dukungannya dari Presiden Joko Widodo kepada bakal calon presiden Prabowo Subianto. 

Hal itu menyebabkan posisi Asman Abnur, sebagai politikus PAN, di Kabinet Kerja terancam lengser.

Namun, sebelum diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo, mantan anggota DPR RI tersebut telah mengundurkan diri dari posisi MenPAN-RB.
 
Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi mengonfirmasi pengunduran diri Asman dari Kabinet Kerja tersebut.

"Saya telah melakukan komunikasi dengan Asman, beliau menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Jokowi. Alasannya, pertama, tidak mau membebani pemrrintah ini karena secara politik PAN itu berbeda pilihan dengan koalisinya Jokowi," kata Viva Yoga di kompleks parlemen Senayan, Jakarta.
 

Editor: Kurniati


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)