Home » Fokus

Parlemen Pindah Kamar

print this page Selasa, 17/10/2017 | 18:06

FOTO: Biro Pers Presiden. ILUSTRASI: Akbar Pathur

TERPILIHNYA Oesman Sapta Odang secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Hanura, Desember 2016 lalu, membawa suasana yang ganjil ke dalam Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Banyak anggota lembaga perwakilan daerah itu yang bergabung bersama OSO ke dalam kepengurusan Partai Hanura. Bahkan, beberapa duduk di posisi penting dalam kepengurusan partai.

Di antara anggota DPD yang tercacat sebagai pengurus teras Hanura adalah ​I Gede Pasek Suardika asal Bali, Benny Ramdhani dari Sulawesi Utara, Aceng Fikri dari jawa Barat. Kemudian Ayi Hambali asal Jawa Barat, Andi Surya dari Lampung, dan Basri Salama dari Maluku Utara. Dan beberapa nama lain.

Menurut Benny Ramdhani, saat ini tercatat sudah 70 dari 132 anggota DPD yang telah bergabung dengan Partai Hanura. Dari jumlah ini, sebanyak 27 orang telah bergabung ke dalam kepengurusan partai.

Hal ini membuat Partai Hanura percaya diri bakal dapat banyak kursi di parlemen pada Pileg 2019. Saat ini Hanura hanya memiliki 16 kursi di DPR , Pileg 2019 nanti ditargetkan bertambah menjadi 56 kursi.

Penambahan itu direncanakan akan dihasilkan oleh anggota DPD RI saat ini yang akan mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI. Dengan kata lain, angka 40 tersebut adalah hasil proses ‘pindah kamar’ dari DPD ke DPR. Dari perwakilan daerah, ke perwakilan partai.

Namun ternyata 40 orang ini pun belum seluruhnya. Menurut Benny, Tidak semua kader Hanura yang berlatar belakang anggota DPD ingin maju sebagai caleg DPR. 30 orang kader Hanura yang anggota DPD tetap menjadi anggota DPD, dan maju dalam pemilihan danggota DPD pada Pileg 2019 mendatang.

Jika rencana itu berjalan mulus, maka partai Hanura akan menjadi satu-satunya partai yang memiliki anggota dan pengurus di dua lembaga perwakilan, DPD dan DPR RI. DPD sebagai lembaga perwakilan daerah akan berisi anggota-anggota yang membawa kepentingan partai.

 

Simak fokus lainnya tentang RAPIMNAS I PARTAI HANURA:

LAPORAN 1: Gairah Baru Partai Hanura
LAPORAN 2: Kejar Tayang Capres
LAPORAN 3: Geng Anas di Hanura   
LAPORAN 4: Parlemen Pindah Kamar
LAPORAN 5: Tambah 40 Kursi

Penulis Armidis Fahmi
Editor Danial Iskandar

Tags:

fokuspartai hanurarapimnas hanuradewan perwakilan daerahoesman sapta odang