logo rilis
Paripurna DPR Akhirnya Tetapkan Dua Pejabat Baru Bank Indonesia
Kontributor
Nailin In Saroh
03 April 2018, 16:48 WIB
Paripurna DPR Akhirnya Tetapkan Dua Pejabat Baru Bank Indonesia
DPR Menetapkan Gubernur BI Dan Deputi Gubernur BI. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Komisi XI DPR RI mengumumkan penetapan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo dan Gubernur BI terpilih yakni Perry Warjiyo dalam Rapat Paripurna, Selasa (3/4/2018).

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI  Achmad Hafisz Tohir mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pembahasan terhadap pada calon pemimpin Bank Sentral tersebut, untuk menindaklanjuti dua surat dari Presiden RI Joko Widodo perilah usulan calon Deputi Gubernur BI dan usulan calon Gubernur BI.

"Setelah mendengarkan masukan, saran dan pendapat dari seluruh fraksi, Rapat Internal Komisi XI DPR RI memutuskan secara musyawarah mufakat untuk menetapkan Saudara Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI Periode 2018-2023 dan Saudara Dody Budi Waluyo sebagai Deputi Gubernur BI periode 2018-2023," ujar Hafisz di Gedung Nusantara II DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Komisi XI DPR RI telah mengadakan serangkaian kegiatan, antara lain RDP dengan Kepala BIN dan Kepala PPATK untuk meminta masukan terhadap para calon. Selanjutnya mengadakan RDPU dengan Rizal Ramli, A Prasetyantoko dan KADIN untuk meminta masukan terhadap para calon.

Komisi XI DPR RI juga telah mengadakan uji kelayakan (fit and proper test) terhadap tiga Calon Deputi Gubernur BI pada 27 Maret 2017. Hari selanjutnya, dilakukan uji kelayakan terhadap Calon Gubernur BI. Dilanjutkan rapat internal Komisi XI untuk proses pengambilan keputusan.

Achmad Hafisz menambahkan, Komisi XI mengharapkan Gubernur BI dan Deputi Gubernur BI terpilih, dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional dalam menghadapi potensi gejolak ekonomi global.

"Stabilitas perekonomian tersebut, harus dilakukan dengan kebijakan moneter yang dititikberatkan pada upaya untuk memelihara stabilitas nilai rupiah," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden RI telah menyampaikan surat Nomor R-01/Pres/01/2018, tanggal 15 Januari 2018, perihal Usulan Calon Deputi Gubernur BI. Berdasarkan surat tersebut Presiden mengusulkan tiga calon untuk menggantikan Perry Warjiyo yang akan berakhir masa jabatannya pada 15 April 2018.

Ketiga calon tersebut, yakni Dody Budi Waluyo, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI; Wiwiek Sisto Widayat, saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat; serta Doddy Zulverdi, saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Monter BI.

Selain itu, Presiden juga menyampaikan surat Nomor R-09/Pres/02/2018, tertanggal 23 Februari 2018. Surat tersebut perihal usulan calon Gubernur BI dan mengusulkan Calon tunggal GubernurBI atas nama Perry Warjiyo untuk menggantikan Agus DW Martowardojo yang akan berakhir masa jabatannya pada 24 Mei 2018.

Editor: Intan Nirmala Sari


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)