logo rilis

Paraguay Buntuti AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem
Kontributor
Syahrain F.
22 Mei 2018, 13:02 WIB
Paraguay Buntuti AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem
Presiden Paraguay Horacio Cartes menemui Presiden Israel Reuven Rivlin di Yerusalem, menyusul pembukaan Kedubes Paraguay di kota tersebut, pada Senin (21/5/2018). Credit: Reuters

RILIS.ID, Yerusalem— Negara Amerika Selatan, Paraguay, menjadi negara kedua setelah Guatemala yang membuntuti langkah Amerika Serikat (AS) dengan memindahkan Kedutaan Besar dari Tel Aviv ke Yerusalem pada Senin (21/5/2018).

Melansir Al Jazeera, Presiden Paraguay Horacio Cartes dan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menghadiri langsung seremoni pembukaan yang telah menuai kecaman internasional tersebut.

Sementara pemimpin Palestina dan negara-negara Muslim mendeklarasikan Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan negeri lahirnya para nabi itu.

AS, khususnya di bawah Donald Trump, dinilai telah mendelegitimasi diri sebagai mediator perdamaian antara Palestina dengan Zionis dengan memindahkan dan membuka Kedutaan Besarnya di Yerusalem pada pekan lalu.

Padahal, presiden-presiden AS sebelumnya menahan diri dari langkah yang terbukti memantik reaksi keras umat Islam dan dunia internasional. 

Sekjen komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat mengecam langkah Paraguay.

"Kita telah menyaksikan hari ini bagaimana Presiden Paraguay menunjukkan dirinya sebagai pemimpin politik yang tak bertanggung jawab dengan melanggar hukum internasional dan pencapaian perdamaian di Timur Tengah," ucap Erekat.

Dia juga menyeru negara-negara Arab untuk melakukan pemboikotan terhadap negara-negara yang membuntuti langkah AS tersebut.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)