logo rilis
Pansus Pilgub Panggil Bos Sugar Group dan Ketua DPD Golkar Lampung
Kontributor

25 Juli 2018, 19:30 WIB
Pansus Pilgub Panggil Bos Sugar Group dan Ketua DPD Golkar Lampung
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Bandarlampung— Usai melihat video pengakuan politisi Partai Golkar Lampung, Barlian Mansyur terkait dugaan politik uang dalam Pemilihan Gubernur provinsi itu, Pansus DPRD Lampung akan segera memanggil bos PT Sugar Group Companies (SGC), Purwati Lee dan Ketua DPD II Partai Golkar Lampung, Yuhadi.

"Kami akan mencari kebenaran terkait keterangan Barlian Mansyur di video itu. Maka ke depan kami akan undang semua nama yang disebutkannya. Biar keterangan Barlian bisa dipertanggungjawabkan,” ungkap Ketua Tim Pansus Dugaan Politik Uang Pilgub Lampung, Mingrum Gumay, usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Lampung, Rabu (25/7/2018).

Dalam video yang diputar tersebut, Barlian mengungkapkan pengakuannya sebagai bagian dari tim sukses paslon nomor urut 3 Arinal Djunaidi-Chusnunia (Arinal-Nunik) yang diduga melakukan praktik politik uang pada Pilgub Lampung 27 Juni 2018 lalu.

Dalam video itu juga, Barlian menyebutkan beberapa nama yang diduga ikut terlibat dalam praktik politik uang, seperti Ketua DPD II Partai Golkar Bandarlampung Yuhadi, Muhidin, Armen hingga Purwati Lee alias Ibu Lee atau Nyonya Lee. 

Barlian juga mengungkap skema pembagian sejumlah amplop untuk menyukseskan paslon nomor urut 3 tersebut.

Namun, kata Mingrum, video Barlian Masyur tersebut belum bisa sepenuhnya menjadi bukti. Tapi, bisa saja video tersebut menjadi petunjuk Pansus Dugaan Politik Uang di Pilgub Lampung.

“Maka dari itu nama-nama yang disebutkan kami undang, karena ini menyangkut tindak pidana. Tapi, kalau nanti keterangannya berbeda, maka bersangkutan bisa dituntut,” katanya.

DPRD Provinsi Lampung juga telah menggelar hearing atau rapat dengar pendapat terkait pembentukan Panitia Khusus (Pansus) pembahasaan dugaan Tindak Pidana Pemilihan Gubernur Lampung Tahun 2018.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID