logo rilis

Panglima Hadi Selalu Pakai PDL, DPR: Seperti Siaga 1 Saja
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
08 Juni 2018, 19:15 WIB
Panglima Hadi Selalu Pakai PDL, DPR: Seperti Siaga 1 Saja
Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Wapres Jusuf Kalla, dan Kapolri Tito Karnavian saat buka bersama dengan keluarga besar TNI-Polri, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/6/2018). FOTO: Puspen TNI

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi I DPR RI, Supiadin Aries Saputra, menyoroti kebiasaan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang kerap menggunakan pakaian dinas lapangan (PDL) dalam kondisi apapun. Menurutnya, hal itu justru mengesankan bahwa kondisinya sedang tidak aman, alias Siaga 1.

Supiadin mengatakan, penggunaan pakaian dalam dinas kemiliteran sudah ada aturannya yang disesuaikan dengan kondisi dan kepantasan. 

"Kan enggak enak juga kalau beliau mendampingi presiden yang pakai jas, beliau malah pakai loreng (PDL). Kan terkesan tidak aman. Seperti Siaga 1 saja," kata Supiadin kepada rilis.id, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Baca juga: Baju Loreng Temani Panglima TNI di Berbagai Kesempatan

Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem itu pun menebak-nebak alasan kebiasan Hadi Tjahjanto yang lebih senang menggunakan pakaian loreng tersebut. Hadi, duganya, seperti ingin mengesankan dirinya milik dari semua matra yang ada di TNI. 

"Tapi, beliau lupa atau memang tahu kalau pakaian itu ada aturannya," ujarnya. 

Supiadin pun menjelaskan, PDL loreng hanya digunakan saat latihan atau siaga dalam tugas-tugas di lapangan. Sehingga, menurutnya, kurang pas bila Hadi selalu menggunakan PDL itu dalam situasi dan kondisi yang seharusnya memakai PDH. 

"Sebaiknya, beliau itu ya gunakan pakaian dinas TNI AU juga, biar prajurit itu kan tahu, biar orang umum juga tahu, oh Panglima saya dari TNI AU," paparnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)