logo rilis
PAN Terima Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019 oleh KPU, Apa Alasannya?
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
23 Mei 2019, 10:30 WIB
PAN Terima Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019 oleh KPU, Apa Alasannya?
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan menerima hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Meski begitu, menurut Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, ada beberapa hal yang akan digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

"PAN menerima hasil keputusan KPU tentang pilpres dan pileg. Khusus pileg, PAN menerima dengan catatan karena ada lima dapil, PAN akan mengajukan gugatan ke MK. Hal itu disebabkan ada indikasi kecurangan sehingga menyebabkan kursi PAN hilang," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/5/2019). 

Adapun terkait Pilpres 2019, ujar Viva Yoga, PAN menerima hasil rekapitulasi suara karena menang dilakukan manual dan berjenjang. Sehingga, menurutnya, jika ada kesalahan atau kecurangan penghitungan, maka akan terkoreksi secara berjenjang juga serta data akan mendekati akurasi dan validasi.

"Kedua, proses pemilu harus dapat memperkuat dan meningkatkan kualitas lembaga penyelenggara pemilu, yaitu KPU, Bawaslu, dan DKPP. Hal ini akan menghasilkan pemilu yang berintegritas sehingga produk penyelenggara pemilu memperkuat legitimasi politik dan pemerintahan yang terbentuk," ujarnya. 

Sementara yang ketiga, ungkap Viva Yoga, seluruh tahapan Pemilu 2019 sudah selesai dan sudah ditetapkan KPU hasilnya. Saat ini, ungkap dia, sudah menjadi kewajiban masing-masing pasangan capres-cawapres dan pendukungnya untuk menyatukan kembali seluruh rakyat Indonesia. 

"Tugas paslon terpilih adalah merajut dan menjahit kembali suasana hati yang terkoyak akibat pertempuran atau kompetisi politik. Pemilu akan dilaksanakan rutin lima tahunan. Jangan sampai merusak kohesivitas sosial. Bangsa dan negara harus dikelola secara bergotong-royong oleh seluruh kekuatan politik," tandasnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID