logo rilis
PAN-PKB Disebut Tak Bernyali Jadi Formatur Poros Ketiga
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
11 Mei 2018, 15:01 WIB
PAN-PKB Disebut Tak Bernyali Jadi Formatur Poros Ketiga
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Peneliti di Pusat Penelitian Politik LIPI, Wasisto Raharjo Jati, menyebut Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak akan berani untuk menjadi formatur pembentukan poros ketiga. 

Wasisto beralasan, kedua partai itu selama ini hanya berperan sebagai anggota koalisi, bukan sebagai formatur. 

"Saya kira mereka lebih sebagai free rider saja," kata Wasisto kepada rilis.id, Jumat (11/5/2018).

Wasisto menjelaskan, pertemuan antara Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar hanya silaturahmi politik biasa. Kedua tokoh itu, lanjutnya, hanya unjuk kekuatan terhadap koalisi yang sudah ada, terutama pendukung Presiden Joko Widodo. 

"Kedua ketum itu hanya sekedar menunjukkan kekuatan penggertaknya saja untuk bisa dipertimbangkan dalam koalisi," ujarnya. 

Dia mengungkapkan, salah satu parpol yang potensial untuk menjadi formatur pembentukan poros baru di luar Jokowi dan Prabowo Subianto adalah Partai Golkar. Namun, Golkar saat ini sudah berada di koalisi pemerintah. 

"Sebenarnya Golkar itu potensial, tapi partai itu justru merapat ke koalisi Jokowi," tandasnya. 

Sebelumnya, Zulkifli Hasan dan Muhaimin Iskandar melakukan pertemuan di Kompleks Parlemen Senayan pada hari ini. Baik Zulhas maupun Cak Imin, belakangan ini memang kerap melakukan safari politik ke berbagai tokoh dalam mempersiapkan Pilpres 2019. 

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)