logo rilis
PAN: Pembentukan Pansus Kecurangan Pemilu untuk Dinginkan Suasana
Kontributor
Nailin In Saroh
10 Mei 2019, 17:28 WIB
PAN: Pembentukan Pansus Kecurangan Pemilu untuk Dinginkan Suasana
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay sepakat dengan pembentukan Pansus Kecurangan Pemilu yang diajukan dalam rapat paripurna DPR. Menurutnya, tidak ada yang perlu dikawatirkan dari pembentukan pansus ini. 

"Kita membuka diri agar dibentuk pansus. Silahkan saja diusulkan. Jika terbentuk, semoga pansus tersebut bisa bekerja dengan cepat," ujar Saleh kepada wartawan, Jumat (10/5/2019).

Saleh menilai, orang-orang yang ada di pansus pasti berasal dari partai pendukung 01 dan 02. Karenanya, tidak ada masalah. Sebab di sana, kata dia, semua bisa dipaparkan secara terbuka apa yang terjadi. Dengan begitu, masyarakat bisa memberikan penilaian secara objektif.

Selain itu, Saleh mengatakan, langkah pembentukan pansus juga dinilai sebagai langkah untuk mendinginkan suhu politik. Pasalnya, hasil pemilu yang akan ditetapkan oleh KPU akan semakin legitimate jika pansus juga menilai pemilu sudah berjalan dengan benar. 

"Jikapun ada masalah, biarlah nanti pansus yang memberikan catatan dan langkah politik yang perlu ditempuh," jelas Saleh.

“Kalau dihitung-hitung, tidak hanya BPN yang bekepentingan terhadap pansus itu. TKN juga memiliki kepentingan. Bagi BPN, pansus penting untuk mengungkap kecurangan yang dinilai terjadi. Sebaliknya bagi TKN, pansus diperlukan untuk membuktikan kalau pemilu sudah berjalan baik sesuai dengan ketentuan yang ada," kata dia menambahkan.

Editor: Sukma Alam




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID