logo rilis
PAN: Pak Amien Ngomong Sertifikat Jokowi 'Ngibul' Ada Datanya
Kontributor
Afid Baroroh
22 Maret 2018, 01:52 WIB
PAN: Pak Amien Ngomong Sertifikat Jokowi 'Ngibul' Ada Datanya
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Muhammad Hatta. FOTO: RILIS.ID/Afid Baroroh

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi II Fraksi PAN, Mohammad Hatta, mendukung pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menyebut program pembagian sertifikat Presiden Jokowi sebagai 'pengibulan'. Sebab, pihaknya memiliki data mengenai sengketa tanah di Komisi II.

"Pak Amien mengatakan ngibul, itu data-data yang masuk di komisi II itu terus masuk hampir setiap bulan hampir 50 sampai 60 kasus itu berarti kan benar terjadi," ujarnya di DPP PAN, Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (21/3/2018).

Hatta menuturkan program sertifikasi tanah kalau benar-benar melakukan reformasi agraria, seharusnya jumlah laporan tersebut berkurang. Malah, menurut dia Badan Pertanahan Nasional, menyerah menghadapi permasalahan sengketa tanah
karena butuh sikap yang diambil Istana.

Ia mengatakan, program bagi-bagi sertifikat tanah belum bisa menyelesaikan masalah. "Karena apa? masalah terus datang kepada kami Komisi II dan itu tidak terselesaikan sampai sekarang. BPN juga give up karena ini harus membutuhkan
decision maker yang lebih tinggi yaitu presiden dan dari segi istana pun tidak melakukan itu," tuturnya.

Seperti diberitakan, saat menjadi pembicara diskusi di Bandung, Minggu (18/3) kemarin, Amien Rais meminta masyarakat waspada dengan program pembagian sertifikat tanah Jokowi. Ia menyebut program itu sebagai 'pengibulan'.

Luhut membantah program tersebut merupakan pengibulan. Menurutnya, program itu sejak lama telah diberlakukan di Indonesia.

"Ngapain ngibulin? Dari dulu sudah dibagi kok sertifikat itu. Tapi prosesnya lama, panjang, dan sedikit. Sekarang lebih cepat dan banyak," katanya.
 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)