logo rilis
PAN Girang Jokowi Ajak Prabowo Bangun Indonesia Bersama
Kontributor
Nailin In Saroh
01 Juli 2019, 17:30 WIB
PAN Girang Jokowi Ajak Prabowo Bangun Indonesia Bersama
Kolase Prabowo Subianto dan Joko Widodo

RILIS.ID, Jakarta— Pasca ditetapkan sebagai Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) mengajak Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno membangun negara secara bersama-sama.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyambut baik tawaran tersebut. Ia menilai, apabila ajakan Jokowi ke Prabowo menjadi bagian dari pemerintahan atau koalisi, maka akan sangat membantu memulihkan situasi pascapilpres. 

Menurutnya, sudah saatnya para elite menunjukkan semangat gotong royong dalam membangun bangsa yang lebih baik.

"Apabila Pak Prabowo dan partai Gerindra masuk sebagai partai pendukung pemerintah, maka hal itu akan mempercepat proses penguatan kohesivitas sosial pascapilpres,” ujar Viva kepada wartawan di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Viva menekankan, sentimen politik antara 01 dan 02 telah berakhir bersamaan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan penetapan KPU. Kini, kata dia, hanya persatuan Indonesia yang dilandasi semangat gotong royong dalam membangun bangsa.

”Sudah tidak ada lagi paslon 01 dan 02,” tegasnya.

Viva mengaku tak khawatir andaikan partai Gerinda atau partai lain bergabung dalam pemerintahan. Sebab, menurutnya, proses kontrol dan kritis rakyat terhadap pemerintah tetap akan berjalan melalui lembaga dewan.

“Karena di DPR, seluruh fraksi-fraksi partai politik akan menjalankan tugas konstitusionalnya, controlling atau pengawasan terhadap pemerintah, baik partai politik pendukung pemerintah maupun yang tidak. Bahkan tidak jarang partai pemerintah bersuara keras dan tajam mengkritik pemerintah,” jelas Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Di samping kritik dan fungsi pengawasan dari internal dewan, tambah Viva, kritik juga dapat berasal dari kekuatan civil society.

"LSM, mahasiswa, kelompok kritis, ormas, dan lainnya,” pungkasnya.

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID