Home » Elektoral

PAN dan Gerindra Berpaling, Nurdin Abdullah Menolak Disebut Begal Politik

print this page Selasa, 10/10/2017 | 18:16

Pilgub Sulswesi Selatan

RILIS.ID, Makassar— Bakal calon gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah berharap agar pengamat politik di Sulsel memberikan pendidikan atau pembelajaran politik yang demokratis bagi masyarakat.

Nurdin mengaku gusar terkait adanya pihak atau pengamat yang mengistilakan dirinya melakukan politik begal setelah mndapatkan rekomendasi Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang sebelumnya telah merekomendasikan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar.

"Saya ingin pengamat memberikan pencerahan politik dan tidak justru bersikap seolah sebagai seorang juru bicara (salah satu kandidat). Intinya saya tidak mengatakan pengamat itu juru bicara, saya katakan jadilah pengamat yang memberikan wawasan dan pembelajaran politik yang baik bagi kita semua," katanya di Makassar, Selasa (10/10/2017).

Dirinya juga dengan tegas menolak penyataan atau anggapan soal begal politik yang diarahkan kepadanya.

"Saya kira itu hal keliru (anggapan begal politik). Apa arti seorang Prabowo Subianto dan Zulkifli Hasan, masa mau dibegal sama seorang bupati kecil, jadi mari kita berfikir rasional saja," ujar Bupati Bantaeng dua periode tersebut.

Ketua DPP PAN, Yandri Susanto sebelumnya menjelaskan bahwa dukungan untung usungan bakal calon diserahkan kepada Nurdin Abdullah, mengingat sebelumnya dukungan itu diklaim Ichsan Yasin Limpo.

Yandri menyebutkan, bahwa awalnya dukungan itu diberikan kepada Ichsan Yasin Limpo, akan tetapi kursi PAN di DPRD Sulsel hanya sembilan sementara syarat KPU Sulsel minimal memperoleh 17 kursi untuk menjadi calon.

"Sampai saat ini belum ada kepastian berkoalisi, sehingga PAN melakukan rapat dengan membuka komunikasi dengan pengurus pusat, sebab jangan sampai partai tersandera," ungkap Yandri.

Selain itu, kata dia, pihaknya terus membangun komunikasi politik dengan partai lain yang belum memiliki usungan guna memuluskan langkah Nurdin Abdullah maju menjadi calon gubernur Sulsel.

Penulis Yayat R Cipasang

Tags:

pilkada sulselpilgub sulselgerindrapartai amanat nasional

loading...