logo rilis
Palestina Tuntut Israel atas Kejahatan Perang ke Mahkamah Internasional
Kontributor
Syahrain F.
22 Mei 2018, 16:34 WIB
Palestina Tuntut Israel atas Kejahatan Perang ke Mahkamah Internasional
Gedung ICC di Den Haag, Belanda. FOTO: hrw.org

RILIS.ID, — Palestina akan mengajukan pengaduan ke Mahkamah Kriminal Internasional (International Criminal Court/ICC) pada Selasa (22/5/2018) atas pembangunan permukiman dan "kejahatan perang" dan blokade di Jalur Gaza.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Malki akan menyerahkan pengaduan tersebut kepada jaksa ketua ICC pada hari ini, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri pada Senin (21/5).

Al-Malki diharapkan mengadakan konferensi pers pada Selasa setelah mengajukan pengaduan tersebut.

"Para pemimpin Palestina berupaya melindungi masyarakat Palestina dan hak-hak nasional mereka melawan kejahatan pendudukan," kata Omar Awadallah, seorang pejabat kementerian, berkata kepada Anadolu Agency.

Belum ada komentar dari Israel tentang aksi Palestina ini.

Sejak 30 Maret, lebih dari 110 warga Palestina telah dibunuh dan ribuan lainnya terluka akibat tembakan pasukan tentara Israel saat demonstrasi anti-pendudukan di sepanjang Jalur Gaza.

Pada akhir Desember 2014, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menandatangani statuta Roma dan berkas-berkas penting lain terkait ICC, yang menerima permintaan Palestina menjadi salah satu negara anggota pada April 2015.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)